TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com — Sebanyak 229 orang warga binaan di sejumlah lembaga pemasyarakat di Provinsi Kepulauan Riau mendapatkan Remisi Khusus (RK) pada Natal 2019, enam orang dinyatakan langsung bebas.

“Remisi sebagai reward, di lain pihak tentunya akan ada punishment apabila warga binaan melakukan pelanggaran, termasuk sanksi tidak diberikan remisi,” kata Humas Kementerian Hukum dan Ham Kepri, Rinto Gunawan Sitorus, Selasa (24/12).

Remisi Khusus hari raya Natal tersebut diberikan ditiap-tiap UPT Lapas yang meliputi Lapas Tanjungpinang sebanyak 38 orang, satu orang di antaranya bebas.

Lapas Batam 90 orang, termasuk yang bebas satu orang, Lapas Narkotika 20 Orang, termasuk yang bebas satu orang.

Kemudian, Lapas Anak Batam dua orang, Lapas Perempuan BATAM empat orang , Rutan Tanjungpinang 12 Orang, dan Rutan Batam 52 Orang, termasuk yang bebas tiga orang.

Lalu, Rutan Tanjungbalai Karimun sembilan Orang dan Cabang Rutan Dabo Singkep dua orang.

Humas Kemenkum dan HAM Kepri, Rinto Gunawan Sitorus, menyatakan penerima remisi akan dibacakan pada hari raya Natal, Rabu (25/12) besok.

“Remisi diserahkan langsung oleh masing-masing Kepala Unit Pelayanan Teknis Lapas dan Rutan se Kepri,” kata Rinto.

Menurutnya, Remisi Khusus Natal ini menjadi reward bagi tahanan yang selama ini berkelakuan baik dan mengikuti pembinaan dengan baik.

“Lama remisi bervariasi, mulai 15 hari hingga dua bulan,” ucap Rinto. (Mn)

Editor: Taufik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here