Foto : ist

BATAM, SIJORITODAY.comРРDemi mewujudkan generasi muda Kepulauan Riau (Kepri) yang berpotensi, Puspenerbal Tanjungpinang melanjutkan kerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Penerbangan Nasional Batam dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi para siswa kelas XI.

Kegiatan yang ditujukan untuk mengetahui secara langsung komponen-komponen dan jenis-jenis pesawat, yang sebelumnya hanya diketahui dari pelajaran di sekolah. Disamping itu juga merupakan program sekolah dalam kegiatan siswa sebelum masuk dunia kerja yang sesungguhnya, agar siswa memiliki keahlian dan karakter kepribadian yang disiplin sehingga mampu bersaing dengan yang lainnya.

Untuk mengoptimalkan pembentukan karakter kepribadian yang disiplin dari pelaksanaan Praktek kerja lapangan SMK Penerbangan Nasional Batam tahun 2020 yang sudah berjalan selama 1 bulan dari total waktu 3,5 bulan, mulai dimasukkan materi ketarunaan sebagai suatu program lanjutan dari Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS).

Untuk mengawali materi ketarunaan, Komandan Lanudal Tanjungpinang, Letkol Laut (P) Dani Achnisundani, S.H., M.Tr. Hanla. beserta jajarannya melakukan orientasi kepemimpinan terhadap para siswa peserta PKL, Minggu (2/2) dini hari.

Dalam kesempatan tersebut Danlanudal Tanjungpinang yang memimpin langsung jalannya orientasi mengatakan bahwa orientasi ini merupakan suatu materi ketarunaan yang bertujuan untuk menanamkan sikap kepemimpinan dan kekompakan siswa agar menjadi pribadi yang bertanggung jawab dalam memahami dan mematuhi setiap aturan serta tata tertib yang ada di Lanudal Tanjungpinang.

“Kegiatan ini dipandu oleh Prajurit Lanudal Tanjungpinang yang sudah berpengalaman dan disaksikan oleh para guru pendamping dari SMK Penerbangan Nasional Batam,” kata Danlanudal.

Dikatakannya, berbagai materi yang disampaikan oleh para Perwira Staf Lanudal Tanjungpinang mencakup kemampuan siswa dalam kecakapan mental untuk mengenali lingkungan, kejujuran serta kekompakan sesama siswa Taruna dan Taruni.

Danlanudal berharap dengan adanya pelaksanaan kegiatan tersebut, para siswa peserta PKL di Lanudal Tanjungpinang, disamping memiliki keahlian sesuai bidangnya, juga terbentuk karakternya untuk dijadikan bekal di masa depan.

“Mampu memberikan kontribusi terbaiknya bagi keluarga dan sekolah serta masyarakat,” pungkas Danlanudal Tanjungpinang. (Pen Lanudal Tanjungpinang).

Editor: Taufik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here