BINTAN,SIJORITODAY.com РРPemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan berencana akan memesan 1.500 alat pelindung diri (APD) serta ratusan alat medis lainnya untuk penanganan wabah COVID-19.

Bupati Bintan Apri Sujadi menyampaikan saat ini usaha yang dilahan sedang menggalang lebih banyak kebutuhan untuk membantu tenaga medis dalam memerangi COVIS19.

Ketersediaan APD dan perlengkapan medis lainnya menurut Apri, mesti dipacu secepat mungkin. Pasalnya, kebutuhan bagi tenaga medis diperlukan untuk percepatan penanganan pasien.

“Kita berharap yang kita pesan itu segera masuk ke Bintan. Kita sudah pesan sekitar 1.500 set dan perlengkapan lainnya. Tekhnisnya ada di Dinkes Bintan,” ungkap Apri, Kamis (9/4).

Langkah ini perlu dilakukan untuk melindungi para tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan virus corona.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gama F Isnaeni menjelaskan pemesanan APD dan peralatan medis lainnya sebagai tambahan persediaan.

Dengan begitu sambungnya, bila terjadi lonjakan pasien corona sudah bisa diantisipasi. Namun demikian, Ia berharap hal itu tidak terjadi. “Tentunya kita berharap ini tidak sampai terjadi,” ungkap Gama.

APD dan peralatan medis lainnya kata Gama akan segera didistribusikan ke puskesmas dan RSUD Bintan yang menjadi rujukan sementara pasien corona di Kabupaten Bintan sebelum dikirim ke RSUP Ahmad Thabib Tanjungpinang.

“Kita sudah pesan. Bila tiba, akan segera kita distribusikan,” kata mantan Dirut RSUD Bintan itu.

Anggaran yang disiapkan menurut Gama berkisar Rp 4,5 miliar meliputi pengadaan 1.200 unit APD lengkap, 70 unit Thermalgun, 400 box rapid test, 8.000 pics masker N95, 1.500 unit handscoon dan lain-lain.

“Kesemuanya digunakan bagi tenaga medis kita yang digunakan untuk penanganan COVID-19,” timpalnya. (Btn)

Editor : Akok

Print Friendly, PDF & Email

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here