BAGANSIAPIAPI, SIJORITODAY.com– Juru bicara pemerintah Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Achmad Yusuf yang di dampingi Plt Kadiskominfotiks Rohil Hermanto menyebut status Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 7016 orang, dengan uraian yang habis masa pemantauannya 5832 orang dan yang masih dalam masa pemantauan berjumlah 1184 orang.

Sedangkan untuk Pasien Dalam Pemantauan ( PDP ) saat ini ada 7 orang PDP baru ( 4 orang di isolasi di RS Dr RM Pratomo Bagansiapiapi, 2 orang RS Aulia Pekanbaru dan 1 orang di isolasi di RSJ Tampan Pekanbaru ).

Sementara kondisi 2 orang PDP yang di isolasi di RS santa Maria dan RS Bhayangkara sudah di pulangkan kemarin karena hasil swabnya negatif.

“Maka untuk total PDP sampai tanggal 10 Mei 2020 secara komulatif menjadi 28 orang terdiri dari 17 orang pdp sudah dipulangkan karena hasil swab negatif. Sedangkan 4 orang meninggal dunia hasil swabnya juga negatif dan yang masih di isolasi sebanyak 7 orang PDP Baru yang menunggu hasil swabnya,” kata Achmad Yusuf.

Sementara PLT Kadiskominfotik Rohil, Hermanto mengatakan untuk mencegah dan memutuskan mata rantai penularan Covid-19, pemerintah tidak bosan-bosannya untuk mehimbau agar masyarakat dapat menggunakan masker di saat berada di luar rumah. Kemudian Social Distancing ( Pembatasan Sosial, Menghindari dari kerumunan orang) dan Physical Distancing (menjaga jarak).

Selain itu, Achmad Yusuf juga mengantisipasi orang luar masuk ke daerah (Imported Case), Isolasi Diri di rumah (Berdiam dirumah), menjaga Kebersihan Lingkungan dan Diri kita sendiri, melakukan Pola Hidup Sehat dengan tidur yang cukup, berolah raga serta pola makan yang sehat mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

“Ini bermanfaat agar daya tahan imun kita di dalam tubuh tetap sehat dan terjaga. Di bulan suci ramadhan ini marilah kita bersama-sama berdoa agar badai corona covid 19 ini segera berakhir. Saya juga mengucapkan
selamat menjalankan ibadah puasa bagi saudara-saudara saya yang beragama Islam, tetap semangat dan selalu berhati hati” kata Hermanto minggu 10/5/2020 di Mess Pemda Rohil.

Penulis : Donall Freddy, Hery Chandra Winata. P

Editor: Taufik. K

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here