Kepala Dinkes Bintan dr Gama Isnaeni

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan dr Gama Isnaeni merespon situasi lonjakan kasus baru COVID-19 di wilayah Kepri belakangan ini dengan mengeluarkan beberapan peringatan.

Selain mengingatkan, Gama juga menolak kebiasan yang selama ini diterapkan di era new normal seperti salam ‘siku’, tos, hingga sesi foto bersama dalam berbagai kegiatan.

“Jangan lagi salam dengan bersentuhan seperti salam siku, salam tos, dan foto bersama. Itu bahaya,” pesan Gama, Sabtu (1/8) pagi.

Protokol kesehatan kata Gama merupakan hal penting yang harus dipatuhi. Sebab, penularan COVID-19 sangat cepat dari satu orang ke orang lainnya jika mengabaikan protokol kesehatan.

“Selalu gunakan masker, menjaga jarak minimal 1 hingga 2 meter. Lebih jauh lebih baik, dan rajin mencuci tangan,” imbuhnya.

Selain itu, Ia menyarankan agar kegiatan di kantor, perusahaan hingga kegiatan pemerintah dilakukan secara virtual. Bila ada instruksi langsung, Gama menyarankan dilakukan saat apel.

“Diruang terbuka lebih baik. Saat berbicara tetap memakai masker, jangan mau bicara masker dibuka, itu salah,” katanya.

Terakhir, Gama berpesan agar masyarakat menyiapkan keperluan pribadi secara mandiri, seperti penggunaan pena, buku dan sebagainya. “Jangan dibawakan orang lagi. Itu bahaya,” pesannya.

Ia berharap, masyarakat lebih sadar terhadap bahaya penularan COVID-19 dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Sebagaimana diketahui, dalam beberapa hari terakhir ledakan kasus baru ditemukan
diberbagai wilayah di Kepri seperti Tanjungpinang, Bintan dan Batam. (Btn)

Editor : Redaksi

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here