Hamalis Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan UMKM Kota Tanjungpinang Saat Menghadiri Rapat Paripurna Di Gedung DPRD Kota Tanjungpinang, Senin (30/11).

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – Sebanyak lima program pelatihan milik Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan UMKM Kota Tanjungpinang batal untuk dilaksanakan.

Batalnya pelatihan yang ditujukan kepada masyarakat terdampak Covid-19, korban PHK dan alih profesi itu diakibatkan oleh penggunaan sistem baru dalam proses perencanaan dan penganggaran.

Penggunaan sistem baru yang bernama Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang dijalankan berdasarkan Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 itu mewajibkan seluruh anggaran diinput ke dalam SIPD.

“Dari total anggaran kita ada lima kegiatan yang tidak bisa masuk padahal itu kegiatan yang penting,” kata Hamalis Kepala Disnaker Kota Tanjungpinang, Senin (30/11).

Anggaran lima kegiatan yang sebesar 2 Milliar Rupiah itu terpaksa dikembalikan ke kas daerah karena tidak dapat diinput ke dalam sistem akibat Standar Satuan Harga (SSH) yang terlalu tinggi.

“SIPD itu sifatnya nasional, jadi satuan harganya nasional. Tidak mungkin sama satuan harga di Jakarta dengan di sini,” ujarnya.

Seperti pelatihan menjahit bordir misalnya, Hamalis mengaku terpaksa membatalkan pelatihan tersebut akibat satuan harga mesin bordir yang akan dihibahkan kepada masyarakat tidak tersedia di dalam SIPD.

“Seperti pelatihan bordir tidak jadi kita lakukan karena di dalam satuan harga mesin jahit bordir itu tidak ada, yang ada mesin jahit biasa,” tuturnya.

Meski demikian, ia memastikan akan tetap berupaya kegiatan pelatihan tersebut dapat dilaksanakan pada APBD-Perubahan 2021 mendatang dan ia juga meminta agar Walikota Tanjungpinang segera merevisi Perwako yang menetapkan SSH di Kota Tanjungpinang.

“Pemko harus segera merubah SSH di perubahan 202,” tambahnya.

Sementara itu kepala Bappeda Kota Tanjungpinang, Ruli Friady mengatakan akan mengoreksi dan merevisi Perwako Tanjungpinang terkait SSH tersebut.

“Kita akan mengoreksi standar satuan harga karena mungkin penetapannya ketinggian,” katanya. (Nuel)

Editor : Ode

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here