Ruli Friyady Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Kota Tanjungpinang

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – Pemerintah Kota Tanjungpinang menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD).

Penggunaan aplikasi tersebut sesuai dengan Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 yang mewajibkan Pemerintah Daerah untuk menggunakan aplikasi SIPD dalam penyusunan APBD.

“Sudah ada surat Mendagri yang mewajibkan untuk mewajibkan menggunakan SIPD mulai anggaran 2021,” kata Ruli Friyady Kepala Bappelitbang Kota Tanjungpinang, Senin (30/11/2020) kemarin.

Sebelum aplikasi mulai digunakan untuk penyusunan anggaran, terang Ruli, aplikasi sudah terlebih dahulu menjalani uji coba di sejumlah daerah di Indonesia.

“Sudah di uji coba di beberapa field project seperti Batam,” ujarnya.

Ruli juga mengklaim bahwa aplikasi SIPD ini mampu membuat penggunaan anggaran lebih transaksi dan meminimalisir biaya dalam melaporkan penggunaan anggaran ke Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi.

Selain itu, Pemerintah di tingkat nasional maupun Provinsi juga akan lebih leluasa memantau penggunaan anggaran di Kabupaten/Kota.

“Untuk pelaporan keuangan, teman-teman di BPKAD tidak perlu entry ulang karena database nya sama. Untuk pemerintah pusat lebih mudah untuk melakukan evaluasi, untuk provinsi akan lebih mudah memantau APBD Kabupaten/Kota,” tutur Ruli.

Meski demikian, Ruli tidak menampik penggunaan perdana aplikasi SIPD menemui kendala di beberapa OPD dalam menginput anggarannya.

“Banyak keluhan, seperti standard satuan harga. Kedua, terkait dengan program-program kegiatan yang dengan pemetaan baru ini bisa bertambah atau berkurang,” terangnya.

Meski demikian, Ruli memastikan bahwa ia akan berkoordinasi dengan Walikota Tanjungpinang untuk mengevaluasi Standar Satuan Harga (SSH) yang menjadi kendala dalam penginputan.

“Sambil jalan kita revisi Perwakonya,” jelasnya. (Nuel)

Editor : Ode

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here