Ketua Bawaslu Tanjungpinang, M Zaini

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – Masa kampanye Pilkada 2020 berakhir 5 Desember 2020. Selanjutnya, tahapan memasuki masa tenang.

Bawaslu Kota Tanjungpinang meminta agar setiap Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur beserta tim kampanye menghentikan segala aktivitas kampanye dan menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK).

“Semua pasangan calon tidak lagi melakukan aktivitas kampanye,” kata Muhammad Zaini Ketua Bawaslu Tanjungpinang, Sabtu (5/12).

Selain itu, secara khusus ia juga meminta agar Isdianto yang kembali menjabat sebagai Gubernur Kepri setelah cuti kampanye tidak melakukan kampanye terselubung dengan menggunakan program pemerintah.

“Kepada petahana yang kembali sebagai defenitif tetap seluruh aktivitas tidak boleh memiliki unsur kampanye,” ujarnya.

Zaini menegaskan bahwa sanksi pidana siap menanti Paslon dan tim kampanye apabila masih tetap berkampanye di luar jadwal yang telah ditentukan.

“Jika melanggar, maka ada sanksi pidananya. Secara tegas diatur dalam Pasal 187 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 yang menyatakan setiap orang yang dengan sengaja melakukan kampanye pemilu diluar jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU, bisa dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan dan denda paling banyak Rp100 ribu,” tegasnya.

Selain mengimbau Paslon dan tim kampanye, Zaini juga mengimbau masyarakat untuk menghindari politik uang dan segera melaporkan temuan ke Bawaslu Tanjungpinang.

“Kepada masyarakat kami imbau mengantisipasi politik uang, dan segera melaporkan apabila ada temuan politik uang,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan bahwa pelaku dan penerima politik uang dapat dikenai pidana pemilihan dengan pasal 187A ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 dimana setiap orang dilarang menjanjikan dan memberi uang atau materi lainnya, maka pemberi dan penerima sama-mendapatkan sanksi pidana 72 bulan dan denda 1 milyar.

“Kita mengimbau agar semua pihak turut menolak, melawan dan melaporkan dugaan pelanggaran politik uang,” tambahnya. (Nuel)

Editor : Ode

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here