TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Pagelaran Warisan Budaya Takbenda Indonesia dari Kepulauan Riau Sebanyak lima karya budaya asal Provinsi Kepulauan Riau dilakukan Pagelaran. Empat dari Karya Budaya tersebut telah ditetapkan sebagai WBTb Indonesia dari Kepulauan Riau satu lagi dilakukan dokumentasi dan pagelaran sebagai bahan untuk Pencatatan dan untuk pengusulan penetapan WBTb tahun depan.

Lima karya budaya yang ditetapkan itu seperti Tradisi Basuh Lantai Penetapan Tahun 2019 No. Reg 201900844, Bersih Tembuni Lingga Penetapan Tahun 2019 No. Reg 201900848 , Layang-layang Lingga Penetapan tahun 2019 No.Reg 201900857, Ghazal Penetapan tahun 2013 No.Reg 201300016 untuk Ghazal yang ditampilkan adalah Ghazal Penyengat.

Empat karya budaya itu juga telah digelar di Lingga pada 1-2 Desember yang lalu dan Ghazal Jum’at (4/12) secara virtual/siaran tunda.

“Sudah digelar dengan virtual/siaran tunda . Tanggal 1-2 di Lingga dan Jum’at (4/12) malam di Tanjungpinang,” kata Dra. Raja Erliza, M.Pd PPTK Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri, Senin (7/12).

Dinas Kebudayaan juga mengungkapkan bahwa penetapan karya budaya itu merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Tiap tahun, kementerian punya kegiatan penetapan WBTB Indonesia. Kita dari Kepri melakukan pencatatan dan pengajuan penetapan WBTB, pagelaran ini sebagai salah satu bentuk pelestarian dan pembinaan terhadap karya budaya-karya budaya tersebut” ujarnya.

Ia juga berharap kedepannya semakin banyak karya budaya dari Provinsi Kepri yang ditetapkan sebagai WBTb Indonesia dan semakin banyak dilakukan pelestarian dan pembinaan.

(Nuel)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here