TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto optimis partisipasi pemilih di daerah tersebut meningkat pada Pilkada serentak tahun 2020, setelah meninjau sejumlah TPS di tiga kabupaten/kota yakni Karimun, Batam, dan Tanjungpinang, Rabu (9/12).

Isdianto menilai masyarakat sangat antusias menggunakan hak pilihnya ke TPS untuk memilih calon gubernur/wakil gubernur maupun calon bupati/wali kota.

“Dari tiga daerah yang saya kunjungi. Masyarakat sangat antusiasi, tentu partisipasi pemilih Kepri diharapakan dapat meningkat,” kata Isdianto di Tanjungpinang.

Dari hasil peninjauannya, Isdianto pun mengapresiasi penyelenggara Pilkada terutama di tingkat TPS karena telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penularan COVID-19 klaster Pilkada.

Semua TPS, kata dia, menyiapkan APD bagi pemilih, mulai dari masker, sarung tangan, tempat cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hingga menjaga jarak.
“Petugas KPPS yang bertugas juga dibekali APD lengkap dan mengatur jarak untuk mencegah wabah COVID-19,” tuturnya.

Lebih lanjut, Isdianto meyakini Pilkada di Kepri dapat berjalan lancar dan sukses hingga ke tahap pengumuman resmi pemenang Pilkada oleh KPU di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

“Saya yakin, Pilkada Kepri berjalan aman dan bebas dari COVID-19,” katanya menegaskan.
Sementara itu, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah turut memastikan pelaksanaan pencoblosan di seluruh TPS setempat berlangsun aman dan kondusif.

“Alhamdulillah, dari hasil pemantauan kami tadi bersama teman-teman dari Menkopolhukam dan Direktur Polpum Kemendagri pelaksanaan pemungutan suara di seluruh TPS, Insya Allah berjalan lancar,” katanya.

Arif menjamin bahwa walaupun Pilkada pada tahun ini dilakukan dalam kondisi pandemi namun masyarakat tidak khawatir karena dalam pelaksanaanya setiap petugas di setiap TPS menerapkan protokol kesehatan sehingga masyarakat dijamin keselamatannya

“Masyarakat tidak perlu khawatir karena setiap tahap pencoblosan menggunakan protokol kesehatan, bahkan dari Tim Kesehatan dan Satgas Covid selalu memantau dan berada di lapangan untuk memastikan kesehatan pemilih dan petugas. Jika ada yang sakit maka sudah ada standar prosedur dalam penanganannya,” jelasnya.

Kemudian selaku Ketua Tim Desk Pilkada, Arif pada kesempatan ini juga menyampaikan bahwa timnya terus melakukan pemantauan-pemantaun di lapangan terkait pelaksanaan Pilkada di lapangan agar berjalan baik dan sukses.
“Kita terus memonitor agar pilkada sehat yang terus kita dengungkan tersebut berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Nanti pada siang hari juga kami akan turun langsung bersama beberapa anggota memantau perhitungan suara di beberapa TPS di tanjungpinang,” jelasnya.

(Mn)H

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here