KUANSING, SIJORITODAY.com – – Mudirul Ma’had Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan, yaitu Ustadz H. Mulkan M Sarin resmi membuka Musabaqoh Hifzil Hadits dilaksanakan di Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan, pada Jum’at.

Peserta Musabaqoh Hifzil Hadits Ke-I ini berasal dari berbagai kecamatan, bahkan dari berbagai macam daerah, hingga Provinsi tetangga pun ikut sebagai peserta Musabaqoh tersebut.

Ketua Panitia sekaligus Wakil Mudir Bidang Kesantrian, Ustadz Muhaimin Ade Candra, mengatakan, Musabaqoh Hifzil Hadits Ke-I ini sudah setara dengan Musabaqoh Nasional, sebab pesertanya berasal dari berbagai daerah, dan Provinsi di Indonesia tercinta ini, walaupun pada dasarnya kegiatan ini setingkat Pondok Pesantren.

Muhaimin tidak lupa memotivasi seluruh Santri dan Santriyah agar jangan takut untuk tampil.

“Tidak ada orang yang berhasil awal mulanya dari berleha-leha, akan tetapi dengan bersusah paya la keberhasilan itu akan di dapatkan,” katanya.

Sedangkan Mudirul Ma’had salah satu pengurus Pondok Pesantren menyampaikan bahwa kegiatan keagamaan ini sudah kesekian kalinya tertunda, karena keadaan yang belakangan ini tidak mendukung.

“Alhamdulillah kegiatan yang tertunda selama ini bisa kita adakan pada hari ini dan insyaallah akan kita buka secara resmi nantinya,” tungkasnya.

Pada Musabaqoh Hifzil Hadits Ke-I ini Mudirul Ma’had memberikan hadiah atau cendramata kepada para peserta hingga 2 juta lebih hadiah yang akan diberikan kepada para juara, dengan rincian:

Juara I : 1 juta + Ijazah Hadits Arbain An Nawawi.

Juara II : 750 Ribu + Ijazah Hadits Arbain An Nawawi.

Juara III : 500 Ribu + Ijazah Hadits Arbain An Nawawi.

Salah satu tujuan kegiatan Musabaqoh ini yaitu untuk menwujudkan visi dan misi Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan sebagai pusat pengkaderan persyaratan dan Umat yang berkemajuan.

Bagi para Santri dan Santriyah setelah usai Musabaqoh Hifzil Hadits Ke-I dengan kitab Arbain An Nawawi karangan Imam An Nawawi, maka akan dilanjutkan dengan Musabaqoh Hifzil Hadits Ke-II dengan Kitab Hadits yang berbeda yaitu Kitab Umdatul Ahkam.

“Selanjutnya Musabaqoh Hifzil Hadits Ke-III akan kita lanjutkan dengan Kitab bulugul maram, Maka deharapkan Santri dan Santriyah bersungguh-Sungguh dalam menghafal dan belajarnya sehingg Setiap Santri yang lulusan Pondok akan menjadi Sentralnya Atau sumber Rujukan Umat dalam perkara Agama, Baik Internasional, Nasional, terutama Kabupaten kalian Masing-Masing, setiap usaha yang kalian lakukan pasti akan di balas dengan balasan yang tiada diduga dari Allah SWT,” kata Ustadz H.Mulkan M Sarin.

Acara ditutup dengan Tabligh Akbar yang di sampaikan oleh Ustadz Harta Syaputra Mahasiswa Sekolah Tinggi Bahasa Arab Ar-Rayyah Sukabumi, yang juga merupakan Alumni Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan.

Tampak kegiatan ini disambut gembira dan penuh haru oleh seluruh warga Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan.

“Semoga acara ini selalu berkelanjutan atau berkesinambungan, sehingga Pondok menjadi Markasnya Para Da’i dan Da’iyah di Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau, Indonesia,” imbuhnya.

(Abrar)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here