Bupati Natuna, Wan Siswandi dalam Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur, Sabtu (20/1/2024). F:Sijoritoday.com/istimewa

NATUNA,SIJORITODAY.com – Bupati Natuna, Wan Siswandi dan para pemangku kepentingan berkumpul di Hotel Natuna untuk Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Bunguran Timur, Sabtu (20/1/2024).

Acara ini merupakan bagian dari Musrenbang Tahun 2024 dengan tema “Pemantapan Pembangunan Ekonomi Maritim Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Natuna Yang Unggul Dan Sejahtera.”

Dalam laporannya, Camat Bunguran Timur, Hamid Hasan, menyampaikan bahwa sepanjang 2023, banyak kegiatan telah terlaksana.

“Tahun 2024 diharapkan membawa lebih banyak kemajuan dengan 223 kegiatan yang akan diajukan untuk kecamatan kami,” ujar Hamid.

Camat Bunguran Timur, Hamid Hasan saat memberikan kata sambutan. F:Sijoritoday.com/istimewa

Musrenbang ini, seperti dijelaskan oleh Bupati Wan Siswandi, adalah langkah penting dalam merumuskan rencana pembangunan.

“Konsep Bottom-Up sebagai landasan, di mana pembangunan diusulkan dari masyarakat, dan aspirasi yang disampaikan merupakan kebutuhan riil,” jelas Siswandi.

Bupati juga menyoroti pentingnya mengurutkan skala prioritas dalam perencanaan musrenbang. Usulan yang mendapat prioritas adalah yang sangat urgensi dan dibutuhkan oleh masyarakat.

“Tahun ini, fokus tidak hanya pada pembangunan fisik, tetapi juga infrastruktur ekonomi. Diantaranya, pengadaan sapi dengan anggaran sebesar 1 milyar untuk mendorong pergerakan ekonomi masyarakat,” terang Siswandi.

Dalam tiga tahun pemerintahan, terlihat fokus yang berbeda setiap tahunnya. Tahun pertama pada infrastruktur, tahun kedua pada pendidikan, dan tahun ini pada peningkatan ekonomi.

Para Kepala OPD yang hadir dalam Musrenbang di Kecamatan Bunguran Timur. F:Sijoritoday.com/istimewa

Bupati Wan Siswandi menggarisbawahi beberapa prioritas pembangunan yang termasuk pengadaan bibit sapi Bali, pupuk untuk petani, dan bibit ikan air tawar.

Usulan lainnya dari kecamatan Bunguran Timur mencakup beragam pembangunan seperti kantor lurah, jembatan beton, gedung pertemuan, jalan hotmix, tempat parkir objek wisata mangrove, hingga rehat total PUSTU Batu Gajah.

Penulis: Evan
Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here