Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara membuka Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024 bertempat di Grand Ballroom Hotel CK, Tanjungpinang, Rabu (13/3/2024). F:Sijoritoday.com/Diskominfo Kepri

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Gubernur Kepulauan Riau diwaliki oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara membuka Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024 bertempat di Grand Ballroom Hotel CK, Tanjungpinang, Rabu (13/3/2024).

Dalam sambutannya Sekda Adi mengatakan Forum Perangkat Daerah Provinsi adalah rangkaian dari tahapan perencanaan yang merupakan forum sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah provinsi dan kabupaten/kota.

“Hasil Forum Perangkat Daerah ini selanjutnya akan digunakan untuk penyempurnaan rancangan Renja Perangkat Daerah Provinsi Tahun 2024 dan penyempurnaan rancangan awal RKPD Tahun 2025 dan tahapan selanjutnya adalah pelaksanaan Musrenbang yang direncanakan pada akhir Maret 2024 serta Musrenbangnas pada Mei 2024,” jelasnya.

Selain itu,Sekda Adi juga menyampaikan Forum Perangkat daerah ini diharapkan juga dapat dimanfaatkan untuk menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

Kemudian mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan Perangkat Daerah Provinsi sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah, menyesuaikan pendanaan program kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah Provinsi Kepri serta menjadi bahan pemutakhiran rancangan RKPD Provinsi untuk selanjutnya dibahas di dalam Musrenbang RKPD Provinsi

“Semoga forum ini dapat digunakan dengan sebaik mungkin sebagai media konstruktif dan strategis dalam sistem perencanaan daerah dan dalam rangka peningkatan keberhasilan pembangunan Provinsi Kepri,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Barenlitbang Provinsi Kepri Misni dalam laporannya menyampaikan kegiatan yang mengangkat tema “Optimalisasi Potensi Sumber Daya Alam secara Berkelanjutan dalam Akselerasi Peningkatan Ekonomi Kerakyatan” akan berlangsung dari 13 sd 15 Maret 2024 dengan peserta yang berasal dari OPD Kabupaten/ Kota dan OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dengan jumlah peserta kurang lebih 300 orang.

“Pada forum ini akan dilakukan pembahasan dengan prioritas kegiatan yang akan dibahas dalam 3 kelompok pembahasan diantarnya untuk kelompok pertama bidang perencanaan pemerintah dan bidang pembangunan manusia, kelompok kedua bidang perencaan ekonomi dan sumber daya alam serta kelompok ketiga bidang perencanaan infrastruktur wilayah,” ucapnya.

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here