BATAM, SIJORI TODAY, com – -Batam  akan bersiap-siap menyambut salah satu acara internasional di bidang olah raga kelautan yang akan dilaksanakan di daerah Nongsa, Kepulauan Riau. Acara yang diselenggarakan pertama kali oleh Nongsa Point Marina & Resort sebagai tuan rumah akan dilaksanakan pada tanggal 27 – 31 Januari 2016 ini diberitajuk “1st Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2016”.

Acara ini akan diresmikan oleh Presiden Direktur Grup Nongsa Resorts, Mike Wiluan dan juga oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia sebagai salah satu pendukung terbesar terlaksananya acara ini. Selama 20 tahun terakhir, Nongsa Point Marina & Resort telah menjadi veteran dalam menjadi salah satu tempat acara Singapore Straits Regatta.

“Tahun ini kami mendapat kesempatan mempelopori kegiatan bertaraf internasional dengan menjadi tuan rumah dan mendapatkan dukungan penuh dari Kementrian Pariwisata Republik Indonesia” ujar Marketing Communication & Public Relation Executive Nongsa Point Marina & Resort, Dilla Bachmid, Senin, (25/1).

Ia mengatakan, Acara ini diproyeksikan dapat menigkatkan kunjungan wisatawan mancanegara khususnya ke daerah Nongsa, Batam.

“Sampai dengan hari ini jumlah peserta pertandingan acara perlombaan sudah mencapai 300 orang. Kami optimis jumlah peserta akan lebih dari 500 peserta dan lebih dari 700 wisatawan sebagai penonton” ujarnya lagi.

Sementara itu, Ketua Panitia Nongsa Regata, Prakas Redy. Mengatakan, Jenis-jenis pertandingan yang akan diadakan selama 3 hari ini antara lain ada pertandingan kapal layar, stand up paddle board, radio control sailing, multihull, optimist, laser dan tidak lupa pertandingan kapal layar tradisional yaitu kolek.

“Saat ini lebih dari 12 yacht, 20 stand up paddle board, 12 radio control sailing, 6 mutihulls, 10 optimist, 10 laser dan 10 kolek dari berbagai negara di dunia seperti Singapore, New Zealand, Malaysia, Australia, Inggris, Amerika dan berbagai negara di Eropa sudah mendaftar sebagai peserta,” ujar Ketua Panitia Nongsa Regata, Prakas Redy.

Kata Dia, Angin merupakan faktor penting dalam perlombaan kapal layar, sehingga angin monsoon atau angin utara yang tidak terlalu bersahabat dengan para nelayan akan menjadi sahabat terbaik para peserta dalam memenangkan perlombaan bergengsi ini.

Dengan memanfaatkan angin utara yang berhembus di awal tahun 2016, liak-liuk kapal layar dalam perlombaan akan menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang untuk menonton acara tersebut.

Selain dari pertandingan-pertandingan yang diadakan, Nongsa Point Marina & Resort juga akan menyediakan kegiatan-kegiatan menarik selama  pertandingan berlangsung. Resort akan menyediakan beberapa lokasi yang dapat digunakan oleh pengunjung yang datang untuk menyaksikan perlombaan-perlombaan ini.

Salah satunya ada di Marina Cape yang merupakan semenanjung di bagian Timur Laut Pulau Batam. Dengan lokasi alam terbuka dan dilindungi pohon-pohon rindang serta shelter khusus telah dibangun oleh Resort.

 “Pengunjung akan dapat menikmati berbagai jenis makanan yang dijual dengan konsep food stall yang menyajikan jenis makanan Indonesia dan Internasional,” Tutupnya.

Penulis : pet

Editor : red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here