Tersangka Narkoba, Sijori Today
Tersangka HT dan TJd Kurir Narkoba Johor-Batam di Tangkap Dengan Sabu 4,2 Kg di Nongsa, Batam (28/11/2015-dok/ST)

BATAM, SIJORI TODAY, com – – Kasubdit I Direktorat Reserse Narkoba Polda Kepri telah melimpahkan dua tersangka narkoba kurir sabu jaringan Internasional yang berhasil ditangkap di pantai Melayu, Kecamatan Nongsa, Batam. Pelimpahan tersangka dan alat bukti dengan barang bukti 4.250 kilo gram sabu dilakukan karena sudah dinyatakan tahap II oleh Kejaksaan.

Kasus penyelundupan narkotika dari Johor, Malaysia ke Batam melibatkan 2 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Nusa Tenggara Timur (NTT), masing-masing inisial HT dan TJd tersebut tinggal  menunggu jadwal persidangan di Pengadilan Negeri Batam.

“Sudah tahap II. Dan tersangka beserta barang bukti sudah di serakan ke Kejaksaan,” ujar Kasubdit I  Direktorat Reserse (Ditres) Narkoba Polda Kepri AKBP Moch Soleh, melalui sambungan telepon seluler. Minggu (31/1/2016).

Soleh menjelaskan sebelumnya peniyidik kejaksaan telah menyatakan berkas ke dua tersangka lengkap atau P21. “Dan sekarang wewenang dari kejaksaan,” ujarnya,

Dia menambahkan ke dua tersangka dikenakan tiga pasal  112, 114 dan 115 UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Sementara pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap pemilik barang haram itu.

“Pemiliknya warga negara Malaysia dan kita sudah berkoordinasi dengan polisi setempat (Malaysia),” tegasnya.

Soleh menegaskan akan meningkatkan pengawasan bersama masyarakat sekitar Teluk Mata Ikan, Nongsa. Mengingat jalur itu menjadi lokasi favorit untuk penyelundupan barang ilegal.

“Kita juga kerja sama dengan warga setempat untuk melakukan pengawasan. Termasuk memberikan informasi kepada kita,” tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Direktorat Reserse (Ditres) Narkoba Polda Kepri berhasil menggagalkan upaya penyelunduan narkotika jenis sabu di Pantai Kampung Tua, Nongsa pada 28 November 2015. Sabu seberat 4,250 Kg dibawa dari Malaysia ke Batam untuk selanjutnya akan diedarkan di wilayah Surabaya, Jawa Timur.

Dalam menyelundupkan barang haram itu, kedua tersangka menaiki kapal yang biasa ditumpangi para TKI illegal. Dalam penangkapan ini Ditresnarkoba Polda Kepri mengamankan dua bungkus serbuk kristal sabu yang dibungkus dengan plastik bening dengan berat masing-masing 3.300 gram dan 950 gram.

Selain itu juga turut diamankan satu buah tas biru merk Poly-pac, satu unit handphone samsung model sm-g 900 warna hitam dan satu buah buku paspor Republik Indonesia milik kedua pelaku.

Penulis : pet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here