Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Foto : ist/ST

BATAM, SIJORITODAY.com— Pemerintah Pusat melalui  APBN (Angaran Pendapatan Belanja Negara ) kucurkan Dana 3,1 Triliun ke Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk pembangunan Terminal II. Sejumlah pembenahan fasilitas dan infrastruktur pendukung bandara juga akan dilakukan pada tahun 2018 mendatang.

“Dana dari pusat APBN sebesar 3,1 triliun  akan dikucurkan untuk penambahan terminal, penambahan hanggar, apron, ,” ungkap Suwarso Kepala Bagian Umum Bandara Internasioanl Hang Nadim Batam, saat ditemui di Kantornya,Selasa (1/3/2016)

Pembanguna terminal II yang telah lama dirancang sudah cukup lama mengalami menundaan. Untuk menunjang  kapasitas penguna jalur penerbangan yang dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan serta  jumlah penumpang yang telah mencapai diatas angka 5 juta.  Perlu adanya perluasan terminal di Bandara Internasional Hang Nadim.

Data dari BP Batam pada tahun 2012 jumlah penumpang Bandara Internasional Hang Nadim Batam mencapai  3,8 juta orang per tahun, dengan 84 penerbangan perhari. Terjadi peningkatan pada 2013 menjadi 4,1 juta penumpang dengan jumlah penerbangan mencapai 104 penerbangan reguler perhari. Pada akhir 2014 jumlah penumpang mencapai 4,8 juta orang dengan 116 penerbangan reguler per hari.

Pembagunan terminal II bandara internasional Hang Nadim nantinya akan dilakukan pada sisi kiri dari terminal yang ada sekarang. Sejumlah penataan akan dilakukan, salah satunya memindahkan hanggar kargo yang nantinya akan menjadi lokasi pembangunan terminal II serta terminal kereta cepat Batuampar-Hang Nadim.

Setelah rampungnya pembangunan terminal II berikut berbagai sarana pendukung lainnya,  Bandara Internasional Hang Nadim pada tahun 2018 mendatang ditargetkan 100 Juta penumpang  pertahun, ujar Suwarso.

Penulis : nur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here