Sebanyak 205 Angota Polda Kepri menjalani Tes Urin untuk mengetahui pengunaan narkotika oleh personal Kepolisian, Rabu (16/3) Foto : pet

BATAM, SIJORI TODAY, com — Empat anggota Kepolisian Daerah Kepulauan Riau positif mengunakan narkotika. Dalam rangka Operasi Bersih Narkoba (BERSINAR) sebanyak 205 anggota jajaran Polda Kepri menjalani Tes Urin untuk mengetahui mengunaan narkotika pada anggota Kepolisian.

Ke-empat personil Polda Kepri masing-masing inisial IAS, LG, HA serta JA dinyatakan positif narkoba, setelah menjalani tes urin yang dilakukan oleh Biddokes. Tes urin terhadap anggota Polda Kepri dilakukan secara acak. 15 orang personil polisi dari masing-masing Kesatuan Kerja dilakukan Tes Urin.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau Kombes Pol Yan Fitri Halimsyah pada saat apel anggota di Mapolda Kepri, Rabu (16/3) mengatakan, Tes Urin bagi personil Polda Kepri merupakan Operasi Bersih Narkoba (BERSINAR) sesuai perintah Presiden Joko Widodo.

“Tidak ada lagi personil Polri yang terlibat mengedarkan narkoba maupun sebagai pengguna, jika ditemukan dalam test urin ini akan ditindak,” Kata Wakapolda Kepri.

Yan Fitri menggigatkan kepada seluruh jajarannya baik pejabat utama serta seluruh personil Polda Kepri, jangan pernah ada lagi anggota yang terlibat langsung sebagai pengedar maupun pemakai narkotika.

Apabila nantinya dalam pemeriksaan Tes Urin ada personel polda kepri yang terbukti positif menggunakan narkoba akan diproses secara hukum maupun kode etik.

“Kepolisian hal ini tentunya akan merugikan diri anggota sendiri, istri anak dan keluarganya,” Ujarnya.

Bangsa Indonesia sudah dianggap diambang batas terkait pengguna dan pengedar narkoba, dimana akan berpengaruh besar terhadap generasi penerus bangsa yang usia remaja,” Tutupnya.

Sementara itu, Kabid Propam AKBP Naek Pamen Simanjuntak mengatakan, pengambilan sampel urin dari masing-masing personil diawasi langsung oleh anggota Bidpropam Polda Kepri.

“Tes Urin dilakukan dengan mengunakan alat multi Drug Screen Test Monotes dan disaksikan langsung oleh personil yang bersangkutan untuk mengetahui hasil Tes”, ujarnya.

Penulis : pet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here