Jumaga Nadeak, Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau. Foto : dok amok akok

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – -Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI meminta kepada Ketua DPRD Provinsi Kepri, Jumaga Nadeak beserta Gubernur Kepri, Nurdin Basirun untuk segera mengusulkan Wakil Gubernur Kepri, Selasa (26/07).

Dalam radiogram tertanggal 20 Juli 2016, Dirjen Otta Kemendagri yang ditandatangani, Sumarsono, MDM menyebutkan, dalam rangka mendukung efektivitas penyelenggaraan Pemerintah Daerah sesuai ketentuan pasal 176 UU No 10 tahun 2016 ditegaskan bahwa, Partai Politik (Parpol) atau Gabungan Parpol pengusung mengusulkan Kurbuk dua Kurtup orang calon wakil Gubernur kepada DPRD Provinsi, melalui Gubernur untuk dipilih dalam rapat paripurna DPRD Provinsi.

Menteri Dalam Negeri meminta Gubernur Kepri, untuk memfasilitasi percepatan pengisian Wakil Gubernur Kepri serta berkoordinasi dan mengkomunikasikan dengan Parpol atau gabungan Parpol pengusung dengan berpedoman pada ketentuan peraturan perundang undangan.

Sementara itu, Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak saat dikonfirmasi terkait pengusulan wakil Gubernur Kepri, dirinya membeberkan bahwa saat ini belum ada yang diusulkan untuk wakil Gubernur Kepri, menurutnya ini merupakan Domain Partai Pengusung.

“Walau ada radiogram Mendagri, apa yang bisa saya lakukan, karena masalah cawagub adalah domainnya partai dan gabungan partai Pengusung. Kalau sudah ada calon diusulkan baru DPRD nya kerja membentuk Panitia sekaligus membuat tata tertib pemilihan, baru la dilakukan pemilihan,” kata Jumaga.

 

Penulis : ambok akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here