LINGGA, SIJORITODAY.com– Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Lingga,akan mengupayakan bulan Desember 2016 mendatang,selama ini speed boat yang masih dalam proses pelelangan, akan rampung dan dapat dinikmati masyarakat untuk pelayanan di Kepulauan Posek, sebuah kecamatan baru pemekaran dari Kecamatan Singkep Barat tersebut.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Lingga, Hendry Efrizal mengatakan, kendala konektivitas masyarakat di Kecamatan Kepulauan Posek tidak lama lagi akan teratasi. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dishubkominfo tengah menyiapkan satu unit speedboat untuk beroperasi diwilayah tersebut.

“Anggarannya melalui APBD Kabupaten tahun 2016, senilai Rp1,3 Miliar. Harapan kami, kapal ini sudah bisa beroperasi pada awal tahun 2017 mendatang. Desember semuanya sudah rampung,” ungkapnya, Selasa (16/08).

Dikatakannya, konektivitas wilayah Kecamatan Kepulauan Posek yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Singkep Barat tersebut menjadi prioritas pemerintah daerah. Melalui Dishub, pemerintah daerah memberikan solusi dengan menghadirkan satu unit transportasi laut, dalam bentuk Speed boat berkapasitas 40 tempat duduk untuk mengatasi kendala tersebut.

“Kami berharap, upaya pengadaan transportasi laut perdesaan itu bermanfaat bagi masyarakat Posek, dan dapat dikelola dengan baik oleh pihak yang ditunjuk daerah nantinya,” imbuhnya.

Selain pengadaan transportasi laut masyarakat, Dishubkominfo juga mendapatkan kucuran anggaran dari pusat untuk pengadaan speed pengawasan laut, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Satu unit lagi untuk pengawasan laut. Itu dari DAK, nilainya sekitar Rp900 jutaan. Kami cukup terbantu tahun ini, banyak rencana program yang berhasil terealisi tahun ini,” terangnya.

Tak hanya itu, Dishubkominfo Kabupaten Lingga, hingga hari ini juga terus menggesa ke Pemprov Kepri agar Mv Lintas Kepri yang sebelumnya masih dalam kajian Gubernur Kepri, agar bisa melayani perairan Lingga dengan rute Lingga-Tanjungpinang, maupun sebaliknya.

Upaya Dishubkominfo tersebut kini mulai tampak membuahkan hasil. Pasalnya, melalui usaha kerja keras dan kerja cerdas maupun  lobi-lobi tingkat provinsi, akhirnya Lingga mendapatkan satu unit kapal dari Dishubkominfo Provinsi Kepri.

Saat ini, pihak Dishubkominfo Kabupaten Lingga sedang menunggu penyerahan satu unit Kapal angkut reguler tersebut dari Dishubkominfo Provinsi Kepri ke BUMD. Setelah itu menyusun kontrak kerja dengan penyewa atau operator.

 

 

Penulis : Wira

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here