Solidaritas Jurnalis Kepri (SJK) Tanjungpinang-Bintan mendatangi Pangkalan Utama TNI AU Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (16/08). Foto : eb

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com– –  Puluhan Jurnalis  yang tergabung dalam Solidaritas Jurnalis Kepri (SJK) Tanjungpinang-Bintan mendatangi Pangkalan Utama TNI AU Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin (16/08).

Kedatangan para jurnalis media cetak dan elektronik tersebut untuk memberikan dukungan solidaritas terhadap dua jurnalis yang menjadi korban tindakan kekerasan oleh oknum TNI AU di Medan, Sumatera Utara.

Tujuan kedatangan para awak media ke Pangkalan Udara TNI AU, merupakan bentuk solidaritas terhadap kejadian yang menimpa kepada kawan-kawan seprofesi.

Rindu Sianipar salah satu perwakilan media menyatakan, apa yang terjadi di medan, merupakan sebuah tindakan kriminal murni, sehingga Panglima TNI, harus mengambil tindakan tegas terhadap peristiwa di Medan.

Peristiwa yang menimpa dua orang jurnalis di Medan merupakan bentuk ancaman terhadap kebebesan pers. Kejadian serupa tidak boleh terjadi di Kota Tanjungpinang, provinsi Kepulauan Riau.

“Kejadian di medan, tidak boleh terjadi didaerah lain, lebih khusus Kepri. UU Pers harus dipahami oleh setiap penyelenggara negara, baik itu TNI, Polri maupun aparatur pemerintahan, sehingga jaminan dan perlindungan terhadap kebebasan pers harus betul-betul dipahami,”ungkap Rindu Sianipar.

Sementara itu, Komandan Lanud Tanjungpinang Kolonel Wahyu Anggono SE MM, mengatakan kesejukan, kedamaian kota Tanjungpinang harus kita jaga.

Terkait insiden di Medan, Wahyu  menyampaikan permohonan maaf atas insiden yang terjadi terhadap dua jurnalis tersebut. Wahyu menjamin, kejadian yang terjadi di medan tidak akan menimpa jurnalis di Kepulauan Riau.

“Mari kita sama-sama tingkatkan hubungan harmonis, karena dengan hubungan harmonis itu akan lebih indah,dan bila mana ada kejadian seperti dimedan, menimpa kepada rekan-rekan, maka akan saya tindak,” ujarnya.

Menurut Wahyu, jurnalis itu mitra kerja bagi  TNI, sehingga sudah seharusnya bersinergi. Informasi yang disampaikan oleh jurnalis itu sangat dibutuhkan bagi masyarakat.

Wahyu juga merasa bangga, pendekatan persuasif yang dilakukan oleh para insan pers, dalam menyikapi persoalan yang terjadi.

“Mari kita berikan contoh kedamaian, bagi daerah lain,dalam harmonisasi TNI bersama insan Pers,” tutup wahyu.

Usai menggelar Silaturahmi, Akhirnya para Insan Pers yang bergabung dalam Solidaritas Jurnalist Kepri sepakat bersama TNI AU Lanud Tanjungpinang untuk menandatangani kerja sama bahwa TNI dan Pers adalah mitra yang satu sama lain harus saling melindungi.

Penulis : eb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here