TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Gubernur H Nurdin Basirun menegaskan Pelabuhan di wilayah-wilayah Kepri harus segera dibangun dan dikembangkan karena arus barang tergantung dari cepat atau lambatnya proses bongkar muat dipelabuhan yang mempengaruhi daripada harga di pasaran. Nurdin berharap seluruh stake holder mendukung program pembangunan pelabuhan ini dikarenakan sangat banyak manfaat yang akan didapat.

Hal ini dikatakan Nurdin dalam Rapat Koordinasi Pengembangan dan Pembangunan Pelabuhan di Tanjung Balai Karimun di Ruang Pertemuan Lantai II Kantor Pelindo I Cabang Tanjung Balai Karimun, Kamis (25/8) malam.

Menurut Gubernur Kepri saat ini Pemerintah Pusat sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur untuk mendukung Indonesia menuju Poros Maritim Dunia. “Kepri merasa bangga karena salah satu tempat yang dilirik Pemerintah Pusat untuk mendukung program tersebut. Apalagi Kepri merupakan jalur pelayaran internasional terpadat yakni sekitar 94 ribu kapal yang lalu lalang di Selat Malaka,” kata Nurdin.

Tampak hadir dalam rapat itu Sekda Karimun TS Arief Fadillah, GM Pelindo I Cab. Karimun Sahri Ramadhana, Perwakilan Kantor Pusat Pelindo I Aulia Rahman dan Danu Wibisono serta Kadis Perhubungan Kepri Muramis.

Kadis Perhubungan Kepri Muramis mengemukakan Penyediaan lahan pembangunan pelabuhan sudah dipersiapkan oleh Pemkab Karimun. Rencananya pelabuhan akan dibangun di Tanjung Penagak, Kelurahan Tebing Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun. Kawasan ini akan digunakan untuk Pelabuhan Domestik, Pelabuhan Internasional dan Pelabuhan Bongkar Muat.

Menurut Muramis, Dinas Perhubungan Kepri sudah menyiapkan beberapa arahan Gubernur Kepri seperti SK Pembangunan Pelabuhan di Karimun dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan itu, Sekda Karimun, Arief Fadillah mengatakan, Gubernur Kepri sangat memahami kondisi pelabuhan yang ada di Tanjung Balai Karimun saat ini dikarenakan sebelumnya pernah menjabat Bupati sebanyak 2 periode. “Pelabuhan inilah yang dari zaman ke zaman selalu mengalami beberapa kendala seperti perluasan dermaga yang terkendala lahan, ruang tunggu penumpang yang penuh sesak dan area parkir yang semeraut,” kata Arief sambil menambahkan bahwa Pemkab Karimun sangat mendukung pembangunan pelabuhan ini karena penataan kota serta pembangunan transportasi laut lebih terarah.

Sementara itu, GM Pelindo I Cab. TBK Ramadhana menyebutkan, pada prinsipnya Direksi Pelindo I sangat mendukung program pengembangan dan pembangunan pelabuhan. Pelindo juga berkomitmen ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pengguna jasa pelabuhan.

“Pembangunan pelabuhan sudah dibahas sebelumnya dengan Dewan Direksi yang berencana akan melakukan perbaikan seperti pelebaran dermaga,” kata Ramadhana.

 

 

Penulis : Red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here