TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau H. Marwin Jamal menyerahkan dua ekor hewan qurban berupa sapi kepada perwakilan masyarakat Air Kelubi Bintan Pesisir, Jhondesry dan perwakilan masyarakat Dompak Lama, Jamrianto di Kanwil Kemenag Kepri, Jumat (9/9).

Dalam kesempatan tersebut Hadir seluruh pegawai Kanwil Kemenag Kepri yang hewan qurbannya disumbangkan.

Sementara Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Marwin Jamal ketika memberikan keterangan mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan pihaknya.

“Qurban ini adalah hasil pengumpulan yang dilakukan oleh para pegawai Kanwil Kemenag Kepri. Caranya mereka menabung dengan memotong gaji secara sukarela tiap bulan hingga mencukupi untuk berqurban”, kata H. Marwin Jamal.

Pada tahun ini, kata Marwin, jumlah pegawai Kanwil Kemenag Kepri yang ikut berqurban sebanyak 35 orang sehingga jumlah hewan qurban yang bisa qurbankan adalah lima ekor sapi.

“Kami sepakati dari lima ekor sapi ini dua ekor kita sumbangkan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan berdasarkan pantauan kita karena di dua lokasi itu tidak ada hewan qurban”, ucapnya.

“Akhirnya kami pilih lokasi di Desa Air Kelubi dimana ada masyarakat suku laut muslim yang harus kita bantu karena tidak ada yang qurban dan Dompak Lama yang juga membutuhkan. Ini pertanda kita bersyukur kepada Allah SWT yang telah banyak memberikan nikmat kesehatan, nikmat rezeki, dan nikmat lainnya,”tambahnya.

Selain itu, dengan berqurban ini, bisa merasakan rasanya berbagi dengan masyarakat. Hal Ini juga dapat mewujudkan pembinaan pihaknya kepada masyarakat yang berada di pulau-pulau kecil yang sulit terjangkau.

“Kita bina supaya pengetahuan agamanya juga meningkat,”paparnya.

Kakanwil juga menyebutkan terdapat 7.438 hewan qurban yang tersebar di seluruh wilayah Kepulauan Riau siap disembelih pada Idul Adha tahun 1437 H/ 2016 M.

Jumlah tersebut menurutnya akan terus bertambah mengingat Idul Adha baru akan dilaksanakan pada Senin (12/9) besok.

Dari 7.438 hewan qurban tersebut terdiri dari 2.691 ekor sapi dan 4.747 ekor kambing. Datanya adalah sebagai berikut :

Kaupaten Bintan :119 ekor sapi dan 46 ekor kambing, Karimun: 204 ekor sapi dan 218 ekor kambing, Lingga: 200 ekor sapi dan 30 ekor kambing, Kota Batam: 941 ekor sapi dan 4.131 ekor kambing.

Sementara di Kota Tanjungpinang: 750 ekor sapi dan 319 kambing, dan Natuna: 394 ekor sapi dan 2 ekor kambing, serta terakhir di Kabupaten Anambas: 81 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

 

Penulis : Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here