Foto : dok.sito.com

LINGGA, SIJORITODAY.com–Akibat rentang kendali menuju kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) yang berada di Dabo, Kecamatan Singkep, membuat masyarakat pesisir Kabupaten Lingga, seperti Kecamatan Lingga Utara, serta Senayang merasa kesulitan.

Disdukcapil tidak pernah melakukan jemput bola turun ke wilayah pesisir untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP el). Akibatnya hingga kini masih banyak warga tidak memiliki KTP elektronik, padahal telah berjalan sejak tiga tahun terakhir.

Salah seorang warga Desa Penaah, Kecamatan Senayang, Emi (30) mengatakan, meski membuat KTP elektronik gratis, namun untuk sampai ke Dabo Singkep dibutuhkan biaya yang cukup besar.

“Jelaslah ini memberatkan. Termasuk pengurusan-pengurusan lain, seperti warga yang menikah dan memperbaharui data. Ini tak masuk akal,” ungkapnya ketika dihubungi, Selasa (20/09).

Warga pesisir kabupaten Lingga seperti kecamatan Lingga Utara serta Senanyang harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mencapai kantor Disdukcapil yang berada di Dabo Singkep.

“Untuk transportasi saja bisa habis Rp1 juta. Belum lagi kalau data tidak lengkap dan harus bolak-balik,” keluhnya.

Hal senada juga yang disampaikan Ria (35) salah seorang warga Pancur, Kecamatan Lingga Utara, waktu satu hari yang diberikan pihak Disdukcapil untuk melakukan perekaman KTP-el masih tidak memungkinkan.

Menurutnya dengan jumlah warga yang berdomisili di wilayah pulau-pulau tentunya kesulitan untuk dapat pergi ke kantor camat Lingga Utara sebagai tempat perekaman yang telah ditentukan.

“Kami datang dari pagi saja selesainya udah sore. Kasihan lagi itu anak-anak yang dari Tanjungbungsu, itu sampai malam baru pulang. Seharusnya Disdukcapil bisa lebih bijak dalam hal ini,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan pada Senin (19/9) terlihat antrian yang cukup panjang di kantor Camat Lingga Utara. Bahkan warga terpaksa harus rela antri hingga malam hari.

Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lingga sedang berupaya menuntaskan perekaman bagi warga yang masih belum memiliki KTP-el hingga ke wilayah pesisir.

Penulis : ruzi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here