TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Rapat Paripurna dengan agenda Jawaban Pemerintah terkait pandangan Fraksi tentang nota keuangan dan rancangan Perda tentang perubahan APBD tahun 2016, Jum’at (14/10/2016) diruang sidang rapat utama kantor DPRD Provinsi Kepri, Dompak, Tanjungpinang.

Dalam penyampaian nya, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menegaskan bahwa pembangunan yang dilakukan Pemerintah Daerah tak lain untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Selain itu, Gubernur juga sependapat dengan Fraksi Golkar yang menegaskan agar anggaran dapat dirasionalisasikan serta dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Hal ini disampaikan juga fraksi Demokrat plus yang mengharapkan agar pemerintah dapat mengelola secara baik terkait pendapatan daerah yang ada.

“Tujuan kita agar kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan dengan segera,” tegas Nurdin.

Adapun terkait pemandangan umum yang diutarakan fraksi PDIP terkait diperlukannya penekanan angka kebocoran dalam anggaran, dalam hal ini Gubernur mengatakan akan segera menindaklanjutinya dengan melakukan optimalisasi agar pendapatan dapat ditingkatkan.

“Terkait menurunnya sektor pendapatan, Pemerintah Provinsi Kepri akan melakukan pengawasan ketat kepada seluruh SKPD dalam mengelola anggarannya,” lanjut Nurdin.

Menyangkut tertundanya beberapa proyek pembangunan, Fraksi PDIP berharap untuk tahun 2017 visi Gubernur dapat mulai terealisasikan dan Gubernur pun secara tegas sependapat dengan hal itu dan akan segera mewujudkan visi tersebut terutama unggul dibidang Maritim.

Selanjutnya, jawaban-jawaban Gubernur terhadap pandangan fraksi terkait ranperda penambahan penyertaan modal kepada PDAM Tirta Kepri Dalam rangka penyelesaian hutang pemerintah pusat secara non cash, Gubernur sependapat dengan fraksi-fraksi yang setuju dengan Ranperda tersebut dan harus segera diselesaikan secepatnya.

“Kita tahu bahwa Air bersih merupakan kebutuhan paling dasar bagi manusia, maka hal itu harus dikelola dengan baik. Kita menunjuk PDAM Tirta Kepri maka kita harus memberi dukungan dan dengan Ranperda ini sebagai sokongan dari pemerintah juga DPRD agar kinerja dari PDAM sendiri dapat lebih meningkat agar kebutuhan akan air bersih bagi masyarakat Kepri dapat terus terjaga,” kata Nurdin.

 

 

Penulis: red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here