TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Upacara dalam rangka pergantian nama Lanud Tanjungpinang berganti menjadi Lanud Raja Haji Fisabilillah dan Pangkalan Udara TNI AU juga berganti nama menjadi Lapangan Raja Haji Fisabilillah, Rabu (02/11).

Upacara pergantian nama tersebut dihadiri langsung Panglima Komando Operasi TNI AU (Pangkoopsau) I Marsekal muda TNI, Yuyu Sutisna, SE. MM dan ahli waris Raja Haji Fisabilillah yaitu Raja Hafiz serta Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

Selanjutnya penandatanganan prasasti nama Lanud Raja Haji Fisabilillah (RHF) oleh Panglima Komando Operasi Satu TNI AU Marsekal Muda Yuyu Sutisna.

Panglima Komando Operasi Satu TN AU Marsekal Muda Yuyu Sutisna mengatakan penggantian nama pangkalan udara TNI AU Tanjungpinang menjadi Raja Haji Fisabililah merupakan wujud penghargaan terhadap jasa pahlawan nasional.

” Ada beberapa nama yang diusulkan,namun setelah melalui pertimbangan dan seleksi tim diputuskan nama Raja Haji Fisabilillah yang cocok untuk nama pangkalan udara TNI AU menggantikan nama Tanjungpinang,” papar Marsekal Muda Yuyu Sutisna usai penandatangan prasasti Lanud Raja Haji Fisabilillah.

Menurut Marsekal Muda Yuyu Sutisna, pemberian nama itu juga sudah mendapat restu dari ahli waris Raja Haji Fisabilillah yakni Raja Al Hafiz yang langsung hadir pada upacara pergantian nama tersebut.

“Biar tidak ada tuntutan dan persoalan dikemudian hari,kita sudah mendapat restu menggunakan nama itu,” ujarnya.

Selain itu,menurut perwira tinggi bintang dua itu, nama Raja Haji Fisabilillah juga mengangkat kearifan lokal.

Perwira Tinggi bintang dua ini juga mengharapkan dengan dirubahnya nama tersebut bisa menjadikan kebanggaan bagi masyarakat, serta memacu peningkatan kinerja Lanud dalam kiprah pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

Ditempat yang sama, Cicit dari Raja Haji Fisabililah , Raja Al Hafiz juga mengucapkan terima kasih kepada TNI AU atas penggunaan nama Raja Haji Fisabilillah pada pangkalan udara TNI AU.

“Semoga dengan pergantian nama ini pangkalan udara Raja Haji Fisabilillah semakin maju dan bermamfaat untuk kemajuan Kepri khususnya dan negara Indonesia pada umumnya,” kata Raja Al Hafiz.

 

 

Penulis: akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here