BATAM, SIJORITODAY.com РGubernur Kepulauan DR. H. Nurdin Basirun, Sos, M.Si menegaskan agar setiap para lulusan Universitas harus lebih peka terhadap perkembagan dan perubahan dunia maupun daerah. Kepekaan tersebut akan sangat membantu dalam mengatasi setiap kesulitan yang muncul dari setiap perubahan tersebut.

Penegasan itu disampaikan Nurdin dihadapan ratusan lulusan Universitas Batam pada acara Wisudah ke XIII Universitas Batam, Sabtu (12/11) di Batam.

Menurut Nurdin, kepakaan terhadap perubahan dan perkembangan dunia dan daerah yang terjadi mutlak harus dimiliki oleh setiap lulusan Universitas, bahkan juga mahasiswa. Hal itu karena para lulusan dan mahasiswa adalah generasi yang akan melanjutkan pembangunan berikutnya.

“Bapak, Ibu, serta adik-adik adalah regenerasi penerus pembangunan. Di bahu kalian lah kelanjutan pembangunan daerah ini. Agar bisa mengatasi segala persoalan yang muncul, maka kepekaan mutlak adanya termasuk mengikuti setiap perkembangan yang terjadi,” ujar Nurdin.

Selain peka, para lulusan juga diharapkan inovatif. Inovasilah yang akan bisa meneruskan perjuangan dalam membangun daerah.

“Kepri ini penuh potensi daerahnya. Laut nya, daratnya, dan juga alamnya. Semua potensi itu perlu daya inovasi dalam mengembangkannya sehingga bisa berkembang dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Selain itu yang juga tak kalah penting adalah membangun jembatan hati. Jembatan hati akan bisa membantu dalam menyesaikan masalah apapun yang muncul” tegas Nurdin sambil meminta para lulusan jangan pernah berhenti menuntut ilmu.

Pada Kesempatan yang sama, Sekretaris Direktorat Jendral Kelembagaan Kementrian Riset dan Teknologi, DR. Ir. Agus Indarjo, M.PH mengigatkan para lulusan untuk tidak berhenti dalam mengembangkan diri dan ilmu pengetahuan. Para lulusan Universitas harus bisa berkomperisi, baik dalam maupun luar negeri. Harus bisa memenangkan kompetisi.

“Setelah ini para lulusan harus berfikir bagaimana bisa melaksanakan join riset, joint lecture, dan tranfer knowladge. Terutama ke luar negeri. Dengan begitu ilmu yang diperoleh semakin matang dan bermanfaat,” katanya.

Sementara itu Rektor Universitas Batam, Prof.DR.dr.Novirman Jamarun, M.Sc menyebutkan ada 832 lulusan yang diwisuda pada Wisuda Angkatan XIII kali ini yang terdiri dari pasca sarjana, dokter, sarjan dan ahli madya. Dari tahun ke tahun dikatakan bahwa Universitas Batam selalu melakukan pembenahan baik di bidang kualitas mahasiswa dan dosen maupun sarana mengajar dan belajar.

“Tahun 2017 nanti kita akan membuka jurusan Psikologi. semoga jurusan ini juga disambut baik dan bermanfaat bagi pembangunan di Kepulauan Riau,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Walikota Batam Muhammad Rudi SE, MM, Sekjend Direktorat Jendral Kelembagaan Kementrian Riset dan Teknologi DR. Ir. gus Indarjo, MPH, Kopertis Wilayah X, Ketua Yayasan Griya Husada Batam DR.H.RuslubBibtang, Rektor Uniba Batam Prof. DR.dr.H.Novirman Jamarun, M.sc. Ketua DPRD Batam Nuryanto SH.MH, Wakil Rektor I Unrika Batam Mohamad Gita Indrawan, Rektor Universitas Karimun. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here