TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Memperingati hari HIV dan AIDS Nasional 2016 yang jatuh pada tanggal 1 Desember, Dinas Kesehatan kota Tanjungpinang mencatat dari tahun (2009-2016) ada sekitar 750 warga Tanjungpinang mengidap HIV, salah satunya ada 353 mengidap AIDS dan 180 orang Meninggal dunia akibat terjangkitnya penyakit yang belum ada obatnya tersebut.

Perhitungan tersebut di ungkap oleh Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang Rustam, dirinya mengatakan bahwa Setiap tahunnya para stekholder juga telah membantu membuat kegiatan penyuluhan bagi masyarakat kota Tanjungpinang. Upaya kesehatan ini tetap melibatkan stekholder yang ada.

“Untuk kegiatan penyuluhan dimasyarakat, bukan hanya kita saja yang mengadakan, Dinas pendidikan, BNN,KPA dan Stekholder lainnya juga turut membantu,”katanya.

Keprihatinan tersebut juga sampai ke mantan Penjabat Gubernur Kepri yaitu Agung Mulyana, secara pribadi dirinya prihatin kepada mengidap penyakit HIV dan AIDS.

Agung Mengemukakan dengan anggaran Pemerintah Kota Tanjungpinang yang terbatas,tentu anggaran instansi sedikit banyaknya terpangkas, untuk itu, Salah satu ide yang dapat mengurangi peningkatan HIV dan AIDS dengan anggaran yang terbatas. menurutnya, instansi berwenang alangkah baiknya jika membuat suatu kegiatan penyuluhan di tingkat SMA dan Universitas, sebab mereka paling utama yang mesti dilindungi dan dibentengi untuk mencegah peningkatan HIV dan AIDS.

“Bikin suatu acara, misalnya lomba menulis karangan, berhadiah 3 juta, 2 juta dan 1 juta, serta 8 hadiah hiburan @ 500 ribu. Jadi dengan modal 10 juta instansi tersebut sudah bisa bikin kegiatan penyuluhan ke tingkat SMA dan Universitas, Kenapa SMA dan Universitas ? Sebab merekalah yang paling utama untuk dibentengi/dilindungi, kalo mereka jebol, ya sulit nanti di masa depannya,”sebutnya.

Lanjut Agung, peningkatan penyakit yang mematikan ini harus mendapatkan perhatian khusus oleh pemerintah kota Tanjungpinang.

“Penyakit HIV dan AIDS harus mendapatkan perhatian khusus oleh pemko Tanjungpinang,”paparnya.

Selain itu, Agung juga menghimbau bagi masyarakat khususnya generasi muda yang berada di kota Tanjungpinang agar tingkatkan aktivitas positif dan kreatif.

“Ayo kembangkan ide-ide kreasi seni budaya dan lomba lomba berprilaku hidup sehat, menjauhkan diri dari sex bebas dan narkoba ,serta mempertebal keimanan melalui ibadah yang tak putus,”imbaunya.

 

Penulis:akok

I

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here