TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.Com – – Kejaksaan Negeri Tanjungpinang melakukan pemusnahan barang bukti hasil tindak pidana narkotika,  setelah mendapatkan keputusan hukum tetap (Inkracht), Rabu (21/12/2016).

Adapun barang bukti yang dimusnahkan adalah  sabu-sabu  seberat 1.288,09 gram, ganja 45,197 gram, dan pil ekstasi 105 butir.

Kepala Kejaksaan Negeri ‎Tanjungpinang Herry Ahmad Pribadi SH mengatakan, pemusnahaan barang bukti hasil kejahatan tersebut dilakukan di dua tempat yang berbeda.

“Untuk narkotika kita musnahkan dihalaman kejaksaan. Sementara hasil kejahatan pelayaran seperti beras, gula, rokok rave, minuman beralkohol,serta barang-barang perlengkapan rumah seperti kursi, sofa, dan lemari dilakukan di wilayah dompak,”Ungkapnya.

Harry menjelaskan pemilihan lokasi dompak, dikarnakan barang-barang yang dimusnahkan tersebut, dikarnakan bisa membahayakan bangunan disekitarnya.

Lanjutnya, barang bukti berupa narkoba yang dimusnahkan adalah barang bukti yang dilimpahkan ditahap penuntutan, yang dijadikan alat bukti persidangan.

“BB tersebut merupakan pelimpahan dari BNN Provinsi Kepri, BNN Kota Tanjungpinang, Polres Tanjungpinang dan Polres Bintan, yang telah memiliki kekuatan hukum tetap periode 2015-2016,”Ungkapnya.

Sementara untuk pemusnaahan yang dilakukan di Dompak merupakan barang bukti dari pidana Pelayaran terhadap Kapal KM Karisma Indah.

“Untuk KM Kawal bahari, masih melakukan upaya hukum. Jadi yang dimusnakan pada siang hari ini, baru muatan KM Kawal Bahari,”Ungkap Herry.

Sementara itu, Kepala Seksi Tindak Pidana umum Kejari Tanjungpinang, Ricky Setiawan, yang merupakan ketua pelaksana pemusnahan barang tersebut mengatakan bahwa pemusnahan ini untuk menujukkan kepada masyarakat bahwa kejaksaan yang merupakan sebagai eksekutor telah bekerja sesuai Standar Operating Prosedure (SOP), maupun dasar hukum yang jelas, Ungkap Ricky.

Sementara  Wakil Walikota Tanjungpinang H Syahrul, yang turut hadir dalam acara tersebut berharap kejahatan Narkotika, merupakan kejahatan terhadap bangsa.

“Ini kejahatan terhadap bangsa, musuh kita bersama, dan harus kita berantas secara bersama,”Ungkapnya.

Dengan dimusnahkan barang-barang tersebut, diharapakan angka kejahatan Narkoba semakin menurun.

“Mari kita bergandengan tangan. Agar kejahatan narkotika ini, semakin menurun,”ungkapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Wahyu ‎Prasetyo SH, Kasat Narkoba Polres Tanjungpinang AKP Ricky Firmansyah, Kasat Narkoba Bintan AKP Desta

 

Penulis: Suaib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here