TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.Com – – Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama instansi terkait, TNI, Polri dan Inspektorat Kota Tanjungpinang menggelar rapat koordinasi pembentukan Unit Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli)di ruang rapat kantor Walikota Tanjungpinang, Kamis (29/12) pagi.

Rapat itu dipimpin langsung Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah didampingi Sekdako Riono.

Sesuai Surat Edaran (SE) Mendagri, Wakapolres Tanjungpinang Andi Rahmansyah ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Unit Satgas Saber Pungli.

“Pak Wakapolres sebagai ketua pelaksana,” kata Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah usai rapat koordinasi.

Selanjutnya pada tanggal 04 Januari 2017, Wakapolres Tanjungpinang Andi Rahmansyah akan dilantik sebagai Ketua Pelaksana Unit Satgas Saber Pungli.

Lis mengatakan hal pertama yang dilakukan sebelum pembentukan Saber Pungli adalah mensosialisasikan apa itu Pungli kepada semua elemen terkait.

Sebab pelayanan publik seperti bea cukai, perizinan, pelabuhan dan lain lain rentan terhadap Pungutan Liar.

“Kita kedepankan pencegahan saja dulu. Jika sudah melakukan sosialisasi tapi masih ada temuan Pungli, maka selanjutnya akan ada tindakan hukum,” tegas Lis.

Menurutnya Pungli adalah pembiayaan lebih/tambahan yang diberikan oleh seseorang diluar aturan yang ditetapkan. Hanya saja Pungli ada klasifikasinya.

“Nantinya Wakapolres Tanjungpinang dan tim akan bekerja memilah mana yang pungli dan mana yang tidak,” tutur Lis.

Ditempat yang sama, Wakapolres Tanjungpinang Andi Rahmansyah menuturkan, Tim Saber Pungli terdiri dari TNI, Polri, dan Inspektorat Pemko Tanjungpinang.

Sayangnya, ia belum bisa menjelaskan terlalu jauh perihal tugas hingga hukuman bagi yang melakukan Pungli.

“Saya kan belum dilantik, dan masih menunggu pelantikan. Rencananya saya dilantik pada 04 Januari 2017, dan setelah itu  segera kita rumuskan,” kata Andi.

Sedangkan menurut Kepala Inspektorat Kota Tanjungpinang Rosita yang tergabung dalam Tim Saber Pungli menuturkan Inspektorat hanya melakukan pengawasan terhadap SKPD di Pemko Tanjungpinang. (Akok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here