LINGGA, SIJORITODAY.Com – – Masyarakat Suku Laut (Orang Laut) dari berbagai negara dan wilayah di tanah air bakal mengagendakan pertemuan di Pekanbaru.Selain bersilaturahmi, nantinya masyarakat Orang Laut tersebut berkumpul untuk membicarakan nasib mereka agar bisa bersatu.

Penggagas wacana tersebut, Haryono Sri Bijawangsa mengatakan, Orang Laut dari berbagai daerah sudah lama bahkan ratusan tahun tak berkumpul.

Ia mencatat dalam sejarahnya, Orang Laut berkumpul terakhir tahun 1717 M saat Raja Kecik dari Siak menyerang Johor. Orang Laut membantu Raja Kecik merebut haknya kembali sebagai pewaris Kerajaan Johor yang sah, yakni anak dari Sultan Mahmud Syah II.

“Saya sebagai Orang Suku Laut asli dan bergelar adat Panglima Raja Sri Bijawangsa merasa terpanggil untuk menyatukan Orang Laut. Kami ingin mengumpulkannya di Pekanbaru. Waktunya belum dapat dipastikan,” ungkap Haryono belum lama ini.

Pihaknya bertekad memanggil Orang Suku Laut dari berbagai wilayah, seperti dari Malaysia dan Thailand. Bahkan di tanah air sendiri, seperti wilayah Sulawesi, Nusantara Timur, Kepri, dan Riau juga dapat untuk berkumpul dan membentuk wadah Gabungan Orang Laut Internasional.

“Saya telah berkomunikasi dengan sejumlah orang yang peduli Orang Laut. Mereka kami beri mandat untuk memanggil Orang Laut untuk berkumpul,” ujarnya.

Saat ini, sejumlah nama sudah diberi mandat untuk melakukan panggilan atau komunikasi dengan Orang Laut di wilayahnya antara lain, Muhammad Aminuddin Bin Abdul Pakar (Sabah, Malaysia), Kadirung, SE (NTT), Md Jokhairi Bin Johani (Malaysia), Qamal Hendro (Lingga), Densy Fluzianti (Lingga, Kepri), Padlianto Minggu (Sulawesi Tenggara), Dedi Arman (Kepri), dan Taufik Hidayat, S.Kep (Indragiri Hilir).

Bukan hanya itu saja. Namun, masih banyak beberapa nama dari berbagai negara yang sudah terdata, tapi belum melengkapi data dan foto melalui email dan inbox di facebook sesuai ketentuan.

Bahkan, pihaknya juga membuka peluang selebar-lebarnya bagi tokoh atau komunitas yang peduli dengan Suku Laut dimanapun berada jika ingin bergabung untuk dapat Add Facebook a/n Haryono atau mengirimkan data dan foto melalui email haryonobijawangsa@gmail.com.

Informasi yang diperoleh Sijoritoday.com, skenario pertemuan Orang Laut Se Dunia ini, dibarengi dengan beberapa item yaitu Seminar Orang Suku Laut Se Dunia, Musyawarah Orang Suku Laut Se Dunia, Penambalan gelar Kebangsawan Orang Suku Laut Se Dunia, Festival benda atau alat alat yang dipergunakan sehari hari Orang Suku Laut Se Dunia, dan Bedah Buku Dan Novel Orang Suku Laut Se Dunia.

 

Penulis: Nondo/Rzi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here