TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.Com – Pemberian gelar “Dato’ Perdana Satria Wangsa” kepada Kapolri Jendral Pol. Tito Karnavian oleh Himpunan Agung Zuriat Kerabat Kerajaan Riau Lingga berlangsung di pulau Penyengat, Sabtu (21/01).

Atas nama jajaran Polri, Jendral Pol. Tito Karnavian mengucapkan terima kasih sebanyak banyak nya kepada jajaran Pemda maupun masyarakat Kepri atas pemberian Gelar Dato Perdana Satria Wangsa yang diamanahkan kedirinya. menurutnya, anugrah tersebut sangat berarti sekali.

“Kami juga berupaya dalam menjalankan tugas dalam menegakan hukum, khusunya kepualuan Riau mudah mudahan pembangunan semakin cepat dan masyarakat Kepri dapat sejahterah,” Kata Kapolri Jendral Pol.Tito Karnavian saat menyampaikan sambutannya.

Sebelumnya, Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan Berkenan dengan kegiatan penagurahaan gelar Dato Perdana Satria Wangsa kepada Jenderal Polisi Tito Karnavian. Dirinya sebagai Gubernur kepulauan Riau mengucapkan Taniah dan penghargaan setinggi – tingginya atas penabatan gelar telah diberikan sebagai amanah oleh Himpunan Agung Zuriat Kerabat Kerajaan Riau Lingga, Johor, Pahang.

Hal lain yang sejalan dengan pemberian gelar ini juga yang tidak kalah penting adalah ucapan terima kasih oleh Gubernur Kepulauan Riau dan masyarakat Kepulauan Riau kepada jajaran Kepolisian Republik lndonesia atas peningkatan tipologi Kepolisian

Daerah Kepulauan Riau dari Tipe B ke Tipe A ini berarti tingkat pelayanan dari Kepolisian Daerah Kepulauan Riau akan lebih besar perannya bagi masyarakat Kepulauan Riau.

“Semoga POLRI kedepan menjadi POLRI yang dicintai masyarakat dan menjadi pengayom dan pelindung masyarakat dari gangguan kamtibmas di lingkungan masyarakat secara luas,”kata Nurdin.

Pada kesempatan ini, Gubernur Kepri berharap semoga Pemerintah

Provinsi Kepulauan Riau dan Kepolisian Daerah Kepulauan Riau menjadi yang terdepan dalam usaha melayani masyarakat.

Sementara Kapolda Kepulauan Riau Irjen Pol. Sam Budigusdian bersyukur Alhamdulillah Kapolri Jendral Pol. Tito Karnavian yang telah menerima gelar Dato Perdana Satria Wangsa dari Zuriat, rasa terima kasih masyarakat Kepri kepada bapak Kapolri karena telah menilai dengan penuh objektif mengenai beban kerja Polda Kepri dimana semakin hari permasalahan dan beban kerja Polda Kepri semakin berat sehingga dihargai Pemerintah melalui Rakyat Kepri menetapkan peningkatan Tipeologi Polda Kepri dari Tipe B ke Tipe A.

“Untuk itu saya mengucapkan Selamat ke bapak Kapolri atas penganugerahan gelar Datuk Perdana Satria Wangsa

semoga amanah yang di sandang memberikan kedekatan persaudaraan antara Polda Kepri dengan Masyarakat Provinsi Kepri,”ungkapnya.

Hal Senada Disampaikan Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah mengucapkan selamat kepada Bapak Kapolri Jendral Pol. Tito Karnavian atas anugrah yang diberikan oleh Masyarakat Kepri melalui Lembaga Zuriat atas kesediaan nya hadir di Provinsi Kepri penetapan penambahan Tipeologi Polda Kepri dari Tipe B ke Tipe A.

Hal ini tentu tidak terlepas dari tugas dan fungsi Polda Kepri secara kualitas maupun kuantitas semakin meningkat atau semakin berat tugas yang diemban Polda Kepri dalam melayani Masyarakat Kepri, sehingga masyarakat Kepri semakin merasa aman dan merasa terlindungi atas kinerja bapak Kapolda Kepri dan Jajaran Aparatur di Polda Kepri.

“Untuk itu saya mengucapkan selamat buat bapak Kapolri atas anugrah yang diterima Dato Perdana Satria Wangsa dan kepada Kapolda Kepri saya ucapkan selamat menjalankan tugas dengan Tipiologi yang baru dan saya ucapkan terima kasih kepada bapak Kapolri karena telah Sudi hadir melangkahkan kaki di pulau Penyengat indrasakti.”Pungkasnya.

Diketahui, Gelar Dato’ Perdana Satria Wangsa memiliki arti Sebagai berikut: _

Dato’ ; Gelar Kebesaran kepada orang yang berjasa Cemerlang dan terbilang.

Perdana : Yang utama

Dato’Perdana adalah gelar tertinggi dalam Perhimpunan Agung Kesultanan Riau Lingga.

Satria: Pahlawan atau pembela

Wangsa : Bangsa

Arti keseluruhan : ‘Orang yang bejasa sangat cemerlang dan terbilang pada peringkat pertama yang menjadi pembela atau pahlawan bagi bangsanya.”

 

Penulis: akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here