LINGGA, SIJORITODAY.Com – – Meskipun diguyur hujan pada Rabu (24/01) malam, pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Kelurahan Daik yang diadakan di halaman Masjid Darull Hikmah berlangsung meriah.

Ketua Panitia Pelaksana STQ Kelurahan Daik, Susanto dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mencari para tilawah-tilawah yang berpotensi untuk mewakilkan Kelurahan Daik ketingkat STQ Kecamatan Lingga.

“Maksud dan tujuan kegiaatan ini adalah untuk menumbuh kembangkan minat anak anak dalam membaca Al Qur’an. Mempererat Hubungan silaturahmi antar sesama muslim dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa,” ungkapnya dihadapan seluruh peserta undangan yang hadir.

Sementara itu, dengan dipayungi oleh salah seorang panitia pelaksana karena hujan, Camat Lingga, Yulius tetap memberikan sambutan dan membuka secara resmi STQ tingkat Kelurahan Daik tersebut.

Bahkan, dikesempatan tersebut, pria yang baru saja menjabat sebagai camat Lingga ini menyatakan kebanggaannya kepada warga kelurahan Daik yang telah sukses menggelar kegiatan yang dananya bersumber dari modal swadaya antar masyarakat setempat.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Kekerabatan RT/RW Kelurahan Daik karena sudah bertungkus lumus bekerja untuk mensukseskan acara ini. Dan terima kasih khususnya kepada warga RW 05 karena telah memberikan sumbangan dana berupa Pembuatan astaka dan konsumsi,” ucapnya.

Selain itu, ucapan terima kasih juga ia ucapkan kepada Lurah Daik beserta Staf Kelurahan karena telah mengkoordinir acara tersebut hingga bisa berlangsung. Dengan demikian ia juga berharap kearifan swadaya masyarakat Daik Lingga bisa berjalan terus menerus.

“Melalui kegiatan ini saya berharap agar syiar  islam terus berkembang di Dunia. Dengan STQ ini juga mudah-mudahan minat generasi muda untuk membaca Al Quran meningkat dan semoga membaca Al Quran bisa mebudaya di Bumi Bunda Tanah Melayu ini,” harapnya.

Ditempat sama, Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Pemkab, Abdurrahman dalam sambutannya mengatakan, sangat berbangga hati karena telah dapat menghadiri acara pembukaan STQ tingkat Kelurahan Daik tersebut. Ia meyakini, kegiatan rutin tahunan itu terselenggara karena adanya kekompakan para masyarakat dan alim ulama yang ada di Kelurahan Daik.

“Dari tahun ketahun selalu meningkat dan mudah-mudahan dimasa kedepan akan jauh lebih baik. Dengan STQ ini kita harapkan kita bukan hanya fasih membaca Al Quran saja. Tapi yang lebih penting pemahaman dan pengamalan kita untuk membentengi diri kita dari pengaruh global dan isu yang beredar saat ini,” terangnya.

Acara yang dipanitiai oleh kekerabatan RT/RW se kelurahan Daik dan didanai melalui swadaya masyarakat Daik ini akan berlangsung selama 4 hari dimulai tanggal 25 Januari hingga 28 Januari mendatang.

Adapun bidang yang dilombakan dalam STQ tingkat kelurahan ini yakni, Tartil Quran, tilawah anak, tilawah remaja dan tilawah dewasa yang berjumlah 40 peserta, Fahmil 10 regu dan Syarhil 7 regu. Bagi para pemenang lomba ini nantinya akan diberikan piala, piagam penghargaan dan uang saku.

Pantauan di lapangan, dalam acara tersebut turut dihadiri oleh Pemkab Lingga  yang diwakili oleh Asisten 1 Bidang Administrasi Umum Aburrahman, Camat Lingga Yulius, Lurah Daik Jupri, Kepala TU Kemenag, Ketua MUI Kabupaten Lingga, Kepala BAZNAS Kabupaten Lingga, Perwakilan Polsek Daik, Pimpinan Bank BRI Cabang Daik, Tokoh Masyarakat Kecamatan Lingga, Alim Ulama Kecamatan Lingga, dan sejumlah warga Daik Lingga.

 

 

Penulis: Nondo/Rzi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here