LINGGA, SIJORITODAY.Com – –¬†Bekerjasa sama dengan Pemerintah Kabupaten Bintan, Bupati Lingga Alias Wello akan segera tandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pengelolaan perikanan.

Dikatakan pria yang akrab disapa Awe ini, inti dari pada MoU tersebut adalah pengelolaan bersama wilayah perairan tangkap nelayan anatara Kabupaten Bintan serta Kabupaten Lingga.

Sehingga, menurut Awe jika hal tersebut digabungkan dalam satu wilayah tangkapan bersama, hal ini akan membuahkan hasil yang luar biasa. Bahkan, hal itu dinilai sudah bisa mengimbangi perairan Natuna dan Anambas yang mana kedua wilayah tersebut di suport oleh pemerintah pusat.

“Kalau kita ini tidak, tapi betul-betul atas kesadaran bersama untuk mengoptimalkan wilayah perairan Bintan dan Lingga. Kita juga sudah bicara dengan Kepala dinas perikanan kita, hulunya betul-betul kita olah bersama,” ungkapnya ketika memperingati satu tahun kepemimpinan Awe-Nizar, baru-baru ini.

Kemudian, dikatakan Awe dengan hadirnya kerjasama tersebut, dirinya meminta pengelolaan industri perikanan tersebut dapat dikelola di Kabupaten Lingga.

“Dua alternatif daerah kita yaitu di kecamatan Senayang satu lagi di Lingga Timur sana. Jadi ini untuk hilirisasinya industri pengolahan dan alternatifnya di pulau Selayar atau di hadapan Penarik ini, di sekitaran kawasan Kelumu,” imbuhnya.

Dikatakannya, terkait hal tersebut dirinya akan melakukan sharing bersama kedua kabupaten. Kemudian, dirinya juga meminta agar Gubernur Kepri dapat memfasilitasi hal demikian kepada Kementerian Perikanan RI.

“Sebab ini kita ingin mensejahterakan. Sekarang kan kita ini tahu, nelayan kita dari rumah pergi ke laut, nangkap fi laut dapat ikan dia langsung balik ke tepi pantai, balik ke rumah itu dipisahkan, ikan yang buruk-buruk dijual ke masyarakat dan ikan bagus bayar cengkam ke toke. Kalau nanti kita ingin tidak lagi,” tutupnya.

 

Penulis: Ruzi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here