Nurul Khairunisa, bocah berusia 1,5 tahun menderita penyakit lidah membesar/Makroglosia. Foto : putra

BATAM, SIJORITODAY.com– – Nurul Khairunisa, bocah berusia 1,5 tahun menderita penyakit lidah membesar sejak berusia 4 bulan. Karena keterbatasan biaya, kini penyakitnya tersebut belum mendapat penanganan khusus.

Ditemui di kediaman Nurul yang terletak di Perumahan Puri Kharisma blok A-16 Sagulung, Kota Batam. Bocah malang tersebut dalam keadaan yang memprihatinkan. Saat ini bocah penderita penyakit lidah membesar atau dalam bahasa medis dinamakan ‘Makroglosia’ harus terkendala dalam berbicara dan makan.

Secara umum, Makroglosia adalah bentuk lidah yang tidak normal. Kelainan ini biasanya bersamaan timbulnya dengan kelainan turunan, salah satunya pada contoh kelainan ‘Down’s Syndrome’.  Untuk memngobati penyakit ini, dibutuhkan pembedahan secara khusus.

Karin, selaku orang tua angkat Nurul menuturkan, penyakit yang diderita bocah malang ini hanya sebatas mendapatkan pertolongan hingga ke dokter-dokter umum saja. Berdasarkan pemeriksaan terakhir yang dilakukan, Nurul dianjurkan untuk melakukan operasi ke RS. Awal Bros Batam.

“Berbagai upaya pengobatan sudah kita lakukan. Namun karena BPJS tak bisa digunakan di RS. Awal Bros, pengobatan Nurul Terkendala Biaya,” terang Karin.

Karin pun menambahkan, kedua orang tua Nurul telah meninggalkannya sejak ia berusia 1 bulan. Dengan kondisi perekonomian keluarganya sedang tidak membaik, Karin merasa pesimis untuk melakukan pengobatan ke RS. Awal Bros sebesar Rp.11.000.000 hanya untuk cek sample lidah saja.

“Darimana uang sebanyak itu pak, buat makan saja kami kesulitan karena saat ini sedang dalam keadaan tidak memiliki pekerjaan,” ungkap Karin sambil mengusap dahi bocah malang tersebut.

Sementara itu, akhir-akhir ini kondisi Nurul dikabarkan semakin memprihatinkan. “Akhir-akhir ini Nurul sering tidur diatas jam 3 malam. Ditambah lagi dari lidahnya seperti mengeluarkan flek-flek hitam” kata Karin, Selasa (22/02).

Kini pun bocah yatim piatu malang penderita penyakit makroglosia tersebut hanya berharap uluran tangan para dermawan dalam mengakhiri penderitaan yang di alami Nurul pada usia belia nya.
Penulis : Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here