Gedung SDN 21 Sagulung yang digunakan SMAN 19 untuk menumpang belajar. Foto : Putra

BATAM, SIJORITODAY.com – – Potret pendidikan di Kota Metropolitan seperti di Batam kembali mendapat sorotan. Mangkraknya pembangunan, memaksa para pelajar di SMAN 19 Batam harus menumpang gedung untuk belajar.

Dhaniar Ulfiani, Humas SMAN 19 Batam mengatakan, saat ini ratusan siswanya menumpang belajar di SDN 21 Sagulung karena terhentinya proyek pembangunan sekolah. Proses belajar mengajar dengan sistem menumpang ini sudah dialami selama tiga tahun terakhir. Sebelumnya, dua tahun yang lalu para siswa SMAN 19 menumpang belajar di gedung SMPN 38.

“Lahan untuk gedung sekolah sudah ada, tapi pembangunannya terhenti. Yang jelas saat ini kami belum tahu sampai kapan menumpang belajar di sekolah lain” kata wanita ber lipstik merah saat di sambangi pewarta, Kamis (23/02).

Saat ini gedung SMAN 19 Batam dibangun tepat di samping SMPN 50 Batam. Namun sejak berdiri pada tahun 2014, para siswa terpaksa menumpang di dua sekolah dengan waktu belajar yang berlangsung dari pukul 13.00 sampai 17.30.

“Tahun ini sudah masuk angkatan ketiga. Mudah-mudahan gedung sekolah segera berdiri, agar para siswa dapat belajar lebih efektif,” harapnya.

Pantauan di lapangan, tampak pondasi dan tiang penyangga telah berdiri di lahan yang diperuntukkan bagi gedung SMAN 19 Batam di kawasan Tunas Regency Sagulung. Namun suasana di lokasi lahan saat ini tanpa aktivitas pengerjaan proyek pembangunan.

Sementara itu, di SDN 21 Sagulung saat ini memiliki 12 ruang belajar, satu ruang guru SD dan satu kantor. Namun karena kebutuhan ruang guru untuk SMAn 19 Batam, sebuah ruang belajar di SDN 21 Sagulung terpaksa beralih fungsi jadi ruang guru.

“Dengan 11 kelas yang digunakan, saat ini kami tak merasa terganggu dengan aktivitas murid SMAN 19 yang menumpang belajar. Pasalnya, tahun ini SDN 21 baru sampai kelas tiga. Mungkin tahun depan akan mulai kerepotan jika SMAN 19 masih menumpang” tutup Mimi Herawati, Kepala Sekolah SDN 21 Sagulung.

 

Penulis: Putra

1 KOMENTAR

  1. Masih banyak masalah yang belum diketahui publik,Contohnya tentang jual beli LKS
    Kalo gak percaya , datang aja sendiri dan tanyai murid-muridnya gimana tentang jual beli LKS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here