www.tourdebintan.com

BINTAN, SIJORITODAY.com– -Ajang Tour de Bintan 2017 yang dimulai hari ini, Jum’at (3/3) bukan sekadar balap sepeda yang menunjukkan keindahan Kabupaten Bintan di Kepulauan Riau. Sebab, ajang itu telah diakui sebagai salah satu ajang yang masuk dalam kalender Union Cycliste Internationale (UCI) atau induk olahraga sepeda dunia.

Tour de Bintan masuk dalam salah satu ajang kualifikasi untuk kejuaraan balap sepeda bergengsi dunia, Gran Fondo yang diselenggarakan UCI. Ada UCI Gran Fondo World Series dalam Tour de Bintan. Sedangkan puncak Grand Fondo akan digelar di Prancis.

Ajang Tour de Bintan menjadi contoh sempurna dan daya tarik tersendiri karena mampu menggabungkan tantangan bersepeda sekaligus pariwisata. Event itu digelar di salah satu pulau eksotis Indonesia yang mudah diakses dari Singapura atau Jakarta.

Para peserta juga bisa mendapatkan salah satu tiket untuk tampil di kejuaraan balap sepeda amatir dunia di Prancis Agustus mendatang. Caranya adalah dengan menjadi yang terbaik dalam 25 persen dari kategori usia mereka, di kategori 17 km individual time trial (ITT) atau 140 km Gran Fondo Klasik.

Ada beberapa kelompok umur yang dilombakan. Mulai dari kategori 19-34, hingga master yang dimulai dari usia 35 tahun ke atas.

Dalam tujuh kali penyelenggaraan Tour de Bintan, pesertanya terus melonjak dari tahun ke tahun. Kini jumlah pesertanya mencapai ribuan.

Para pembalap internasional sudah tiba di Bintan sejak awal pekan ini. Mereka melakukan uji rute.

Kementerian Pariwisata mengapresiasi penyelenggaraan Tour de Bintan. Meski Kemenpar belum mengantongi angka pasti wisatawan mancanegara yang datang untuk meramaikan Tour de Bintan, namun kementerian yang dipimpin Arief Yahya itu merasa yakin target menyedot turis bisa tercapai.

“Peserta, ditargetkan dari mancanegara, banyak negara. Itu sudah tercapai dengan 1000 lebih peserta. Untuk wisatawannya yang datang berapa jumlah resminya, masih menunggu usai even,” kata Ni Putu Gayatri selaku kepala Bidang Promosi Wisata Buatan Kemenpar RI, Saat ditemui di kawasan Lagoi Resort, Bintan, Jumat (3/3) pagi.

Penulis : res

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here