Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi tatap muka dengan ratusan Pekerja Migran Indonesia di Johor, Malaysia, Kamis (16/3). Foto : kjri

JOHOR BAHRU, SIJORITODAY.com– -Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi mengharapakan para pekerja migran Indonesia (PMI) dapat fokus dalam bekerja karena perwakilan RI siap untuk memberikan perlindungan atas hak-hak mereka. Hal tersebut disampaikan Retno dalam pertemuan dengan PMI di Ladang Bashir Ismail, Ulu Tiram, Johor, Malaysia, Kamis (16/3).

Dalam siaran pers KJRI Johor Bahru yang diterima redaksi sijori today.com menyebutkan, sedikinya 200 pekerja migran asal Indonesia yang telah bekerja di ladang kelapa sawit selama 9 hinga 10 tahun di Johor hadir dalam tatap muka dengan menteri luar negeri serta KJRI Johor Bahru.

Dalam pertemuan yang berlangsung dengan hangat tersebut, para pekerja menyampaikan permasalahan-permasalahan yang mereka hadapinya seperti adanya perbedaan hasil pemeriksaan kesehatan di Indonesia dan Malaysia.

Dihadapan menteri Retno, salah seorang pekerja migran juga menyampaikan pengalaman pemerasan yang dialaminya yang dilakukan oleh oknum aparat dalam permasalahan ijin kerja dan lain sebagainya.

Diakhir pertemuan Menlu juga sampaikan agar PMI mematuhi aturan dan hukum negara setempat. Retno juga berpesan agar PMI tidak segan menghubungi perwakilan RI apabila terdapat permasalahan atau hak-hak yang tidak terpenuhi.

Pertemuan dengan PMI tersebut merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Menlu ke Penang dan Johor, Malaysia untuk bertatap muka secara langsung dengan para pekerja migran yang ada di wilayah Malaysia. Selain melakukan dialog dengan PMI, Menlu RI juga meresmikan inovasi pelayanan yang dilakukan oleh KJRI Johor Bahru.

Penulis : red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here