M. Nizar, Wakil Bupati Kabupaten Lingga saksi nikah 11 pasangan pasutri suku Laut. Foto : JK

LINGGA, SIJORITODAY.com– – M.Nisar Wakil Bupati Lingga mengapresiasi kinerja pemerintah Desa Pena’ah, Kecamatan Senayang dan Aktivis Gerakan Peduli Suku Laut Lingga (GPSLL) melaksanakan nikah masal bagi Komunitas Adat Terpencil (KAT).

”Pemerintah daerah Kabupaten Lingga sangat mengapresiasi kegiatan ini, saat ini teman-teman yang berada di selat Konky dan daerah sekitarnya, mereka semua sudah sah menjadi pasangan suami istri dan sudah  tercatat di KUA kecamatan senayang,” terang Nisar beberapa waktu lalu.

Menurut Nizar, selain datang sebagai undangan dirinya juga sekaligus bertindak sebagai saksi dalam pernikahan masal yang diadakan oleh permerintah Desa Pena,ah. Politisi Partai Nasdem Kabupaten Lingga tersebut berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut dilakukan guna meminimalisir masalah kependuduk yang kerap dialami. Kegiatan seperti ini dapat dicontoh desa-desa lain.

“Kita juga khawatir, karna sudah menikah tetapi belum tercatat di kantor KUA, maka dengan adanya nikah masal ini identitas kita akan tercatat” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala desa Pena’ah, Abang Marwan menuturkan, sangat berterima kasih pada sejumlah pihak. Kegiatan pernikahan masal yang diselengarakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sebelumnya sebagian warga suku laut yang berada di kawasan Desa Pena’ah, seperti yang mendiami Selat Konky, Pulau Mensemut, Pulau Buluh tidak mempunyai akta nikah.

”Alhamdulillah mereka sudah dapat nikah secara resmi dan nantinya terdaftar dalam database Kependudukan Lingga. Ini supaya nanti dapat akta nikah, akta anak, pengurusan KK dan lainnya.”terang Abang Marwan.

Dari sebanyak 13 pasangan suami istri yang rencananya dinikahkan secara masal ternyata 2 pasangan batal menghadiri acara.

Penulis : Jon Kosmos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here