TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Baru saja dikukuhkan oleh Wali Kota Tanjungpinang pada Rabu (03/05) kemarin. Organisasi DPD KNPI Kota Tanjungpinang dalam waktu dekat ini akan merancang program pemberdayaan pemuda di Kota Tanjungpinang.

“Hal ini bertujuan untuk membantu program pemerintah menekan angka pengganguran,” kata Ketua Bidang Pemuda DPD KNPI Tanjungpinang Putra Yolanda di Tanjungpinang, Jumat (5/5).

Dari data KNPI, untuk wilayah Kota Tanjungpinang melalui data Dinas Kependudukan setempat, terdapat 13.464 pengangguran dengan jumlah persentase 32,11 persen. Data itu hingga bulan Maret 2017.

“Ini menunjukkan perlunya pemberdayaan masyarakat terutama pemuda untuk dapat memiliki skill (Kemampuan) dibidanngnya melalui pelatihan,” kata Yolanda.

Salah satu langkah mengatasi pengangguran tersebut, kata dia dengan menghidupkan program pemberdayaan pemuda yang bersifat membangun pola pikir. Selain itu juga melalui praktek keterampilan sesuai keinginan atau bakat yang dimiliki.

“Program pemberdayaan pemuda yang akan dilaksanakan KNPI nantinya melalui pembekalan keterampilan, dan terobosan itu mampu membuka lapangan pekerjaan baru, atau dapat diterima di perusahaan tertentu,” ungkapnya.

Agar dapat mengoptimalkan pelaksanaan program tersebut, KNPI Kota Tanjungpinang dalam hal ini akan menggandeng sejumlah perusahaan.

“KNPI sangat apresiasi kepedulian kalangan pengusaha untuk mendukung program pemberdayaan pemuda ini,” tuturnya.

Putra seorang pengusaha advertising ini memberitahu, bahwa pelaksanaan pelatihan pemuda nantinya meliputi keterampilan dalam sektor meubeler, instalasi, alarm, CCTV, advertising dan lainnya.

“Diharapkan para pemuda yang masih menganggur dapat berusaha untuk hidup mandiri, mampu bersaing didunia pekerjaan tanpa harus bergantung pada orang lain,” katanya. (Akok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here