TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Kabid Humas Polda Kepri Komisaris Besar (Kombes) Polisi S. Erlangga menghimbau ke Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Kepulauan Riau agar tidak melakukan Sweping/Razia selama bulan Suci Ramadhan.

“Ya prinsipnya sama, ormas tidak punya kewenangan untuk melakukan razia/sweeping, tentunya Polri akan bertindak tegas terhadap ormas yang melakukan tindakan tersebut,” ujarnya.

Erlangga juga menghimbau agar masyarakat Kepri tetap menjaga suasana yang aman selama bulan suci Ramadhan. Sedangkan untuk peningkatan Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Sit Kamtibmas) selama bulan suci ramadhan pihaknya akan melakukan giat Cipta Kondisi sebelum pelaksanaan Operasi Pam Idul Fitri.

Ditempat terpisah, Wakil Ketua I OKK DPD KNPI Tanjungpinang Aji Anugraha mendukung himbauan dari Humas Polda Kepri dalam mengkondisikan suasana agar selalu kondusif selama bulan suci Ramadhan.

Kendati demikian, pihaknya memohon kepada aparat penegak hukum agar memperhatikan tempat-tempat yang terindikasi dapat menimbulkan terjadinya aktivitas yang tidak di inginkan sehingga dapat mengganggu kenyamanan umat Muslim dalam melakukan Ibadah di bulan suci Ramadhan.

“Seperti tempat hiburan yang berkedok judi, menjual minuman keras, dan prostitusi yang diduga tidak terdeteksi oleh aparat penegak hukum diharapkan dapat dilakukan penindakan,” ujarnya.

Untuk itu, KNPI Tanjungpinang akan membantu memonitor kerja dari aparat penegak hukum di Provinsi Kepulauan Riau, khususnya Tanjungpinang.

“KNPI akan membantu menjaga stabilitas ekonomi pada bulan suci ramadhan ini, dengan melihat faktor-faktor dalam menjaga kerukunan beragama, namun tidak serta-merta menghentikan Sweping , perlu pertimbangan, hanya saja fungsi controling juga tidak bisa dihentikan, karena itu fungsi organisasi pada dasarnya,” terang Aji Anugrah.

Selain itu, KNPI Tanjungpinang juga akan melaporkan segala bentuk pelanggaran aturan hukum atau regulasi yang ditetapkan Pemerintah demi menjaga keamanan dan ketertiban dibulan suci Ramadhan ini.

“Semua itu demi menciptakan kondisi yang kondusif di kota Tanjungpinang,” tutupnya.

Penulis: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here