TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat muda, madya dan utama di Tanjungpinang pada tanggal 19-20 Mei 2017.

“Insya Allah UKW ke 8 PWI Kepri akan digelar pada 19-20 Mei 2017 di Tanjungpinang,” kata Ketua PWI Kepri Ramon Damora dalam Pesan Whatshap yang diterima.

Ramon Damora mengatakan kepada perusahaan pers siber/online/portal yang mendaftarkan wartawannya untuk ikut di UKW PWI Kepri ke-8 tersebut juga disarankan untuk menjadi anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dengan mengisi form pendaftaran SMSI yang telah disediakan panitia.

“Acara uji kompetensi wartawan ini diselenggarakan bersamaan dengan Sosialisasi SMSI. Pendaftaran peserta dibuka antara 10-17 Mei 2017 tanpa dipungut biaya,” imbuh Pimpinan Redaksi Tanjungpinang Pos ini, Minggu (14/05).

Ditambahkannya, tujuan digelar UKW tersebut untuk menciptakan wartawan yang berkualitas dan profesional di bidangnya sesuai dengan Undang-undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

“Tujuannya untuk menciptakan wartawan yang berkualitas dan profesional sesuai dengan undang-undang Pers,” paparnya.

Adapun syarat-syarat dalam mendaftarkan diri untuk Uji Kompetisi Wartawan ini agar para peserta wajib membawa rekomendasi dari perusahaan tempatnya bekerja yang ditandatangani langsung Pimpian Perusahaan atau minimal oleh Pimpinan Redaksi, menyerahkan foto kopi kartu persnya, peserta UKW wajib membawa perlengkapan kerja seperti laptop, pena, kertas dan flasdisk saat ujian, dan peserta wajib mengenakan pakaian rapi selama UKW berlangsung serta datang tepat waktu.

“Perusahaan yang mengutus wartawannya ikut UKW PWI dianjurkan mengisi formulir pendaftaran SMSI karena kegiatan ini bersamaan dengan sosialisasi SMSI,” ungkap Zakmi yang merupakan ketua Panitia diacara tersebut.

Sedangkan untuk Lokasi ujian nantinya, kata Zakmi, akan ditentukan Panitia penyelenggara dua hari sebelum ujian di mulai.

“Jika jumlah calon peserta UKW melebihi kuota yang ditentukan, panitia berhak menyeleksi calon peserta, nama-nama calon peserta yang lulus seleksi dan verifikasi panitia akan diumumkan sehari sebelum ujian berlangsung (18 Mei),” tutupnya.

Untuk diketahui bahwa keputusan hasil ujian nanti sepenuhnya wewenang penguji. Bagi Peserta yang tidak lulus hanya bisa menyanggah dengan berkas atau nota keberatan yang disediakan oleh penguji. Untuk Pendaftaran peserta UKW bisa menghubungi Zakmi 085264050123 dan Amril Agin 0812 6182354. (Akok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here