BPJS Kesehatan Permudah Prosudur Pelayanan Kesehatan Jelang Lebaran. Foto : beto

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com– – Jelang hari raya Idul Fitri tahun 2017,
BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanan kepada pengguna BPJS-KIS  yang akan mudik lebaran tahun ini, masyarakat akan memperoleh layanan kesehatan dengan prosedur yang mudah, asalkan peserta BPJS-KIS yang bermudik membawa kartu BPJS, KIS, ASKES, JAMKESMAS,KJS.

“Peserta BPJS-KIS yang sedang mudik dapat berobat diluar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS setempat. Untuk prosedurnya, peserta BPJS -KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerjasama dengan kesehatan,” kata Dr. Leni Marlina selaku Kepala Cabang BPJS Kota Tanjungpinang dalam konferensi pers, Kamis (15/6/2017).

Menurutnya, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut diterapkan sejak 19 juni 2017 sampai dengan 2 juli mendatang. Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta BPJS-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun setelah sampai pada tujuan, tidak harus melapor kekantor cabang BPJS setempat.

“Penting diketahui, bahwa pelayanan kesehatan ini hanya berlaku bagi pengguna BPJS-KIS yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif, maka dihimbau agar peserta pengguna BPJS membayar iuran sebagaimana yang ditetapkan agar status kepesertaannya aktif. Untuk mengecek iuran peserta juga dapat dilakukan melalui aplikasi pada BPJS Kesehatan mobile dan daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di web site BPJS, aplikasi BPJS Kesehatan mobile atau melalui care center BPJS 1500400,” jelasnya.

Tidak hanya itu saja, pihak BPJS telah menciptakan aplikasi mudik yang dapat di download secara gratis di Google Play Store dalam perangkat Android.

“Aplikasi tersebut menyediakan fitur yang berisikan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting dan media sosial BPJS Kesehatan,” katanya.

BPJS Kesehatan juga membuka posko mudik pada 21 – 24 Juni 2017 di delapan titik padat pemudik yakni, terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, terminal Tirtonadi Surakarta, terminal Bungurasih Surabaya, pelabuhan Soekarno Hatta Makasar, pelabuhan Gillimanuk Bali dan pelabuhan Merak.

“Selama libur lebaran masyarakat juga dapat mengakses BPJS Kesehatan di nomor 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta BPJS-KIS, dan akan dilayani 7 x 24 jam,” imbuhnya.

Penulis: Beto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here