Presiden Jokowi berbincang dengan Presiden ke-6 SBY dalam acara Peringatan HUT ke-72 RI, di Istana Merdeka, Jakarta ( Foto: Humas/OJI)

JAKARTA, SIJORITODAY.com– – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (17/8) pagi.

Pukul 08:00 WIB rangkaian acara sebelum upacara dimulai dengan berbagai persembahan, diantaranya Aubade Gita Bahana Nusantara, pertunjukan tari kolosal Gandrung Jejer Banyuwangi, penampilan Ari Lasso, marching band Gita Handayani dari Aceh, dan parade 8 kostum terbaik nasional dari Jember Fashion Carnaval.

Tampak hadir Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono tiba di Istana Merdeka, mengenakan baju adat Palembang. Kedatangan SBY dan Ibu Ani disambut hangat oleh Seskab Pramono Anung yang pada kesempatan tersebut mengenakan baju adat DI Yogyakarta. Kedua putra SBY, Agus dan Ibas Yudhoyono juga turut hadir dalam kesempatan ini. Agus mengenakan baju Adat Palembang.

Sekitar pukul 8:40 WIB, Kirab Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi dari Monumen Nasional tiba di halaman Istana Merdeka.

Saat berjalan menuju halaman depan Istana Merdeka, Presiden Jokowi sempat menyapa wartawan yang bertanya tentang pakaian adat yg dipakai Presiden dan para tamu undangan. Presiden mengatakan ingin memperkenalkan budaya Indonesia.

“Negara kita kan negara kaya (budaya). Ini Paspamres saya saja pakai,” kata Presiden sambil memanggil dan menunjukkan baju yang dikenakan Paspamres.

Pukul 09.57 WIB, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana serta Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla memasuki tempat upacara, menempati tempat duduk di panggung kehormatan.

Setelah itu, Komandan Upacara memberikan laporan kepada Presiden Jokowi selaku Inspektur Upacara bahwa upacara siap dimulai.

Tepat pukul 10.00 WIB, peringatan detik-detik proklamasi dimulai, ditandai dengan 17 kali tembakan meriam disertai sirine.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Kolonel Pnb M. Yani Amirullah, dan Komandan Kompi Paskibraka Kapten Inf. Priya Firmansyah.

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, mengheningkan cipta dipimpin oleh inspektur upacara. Kemudian penyerahan Sang Merah Putih oleh inspektur upacara kepada pembawa baki bendera bernama Fariza Putri S. dari Jawa Timur.

Pengibaran Bendera Pusaka kemudian dilaksanakan oleh tim Paskibraka yang telah dikukuhkan Presiden Jokowi.

Tidak ketinggalan, aksi pesawat tempur F16 dan Sukhoi TNI Angkatan Udara dan persembahan lagu-lagu nasional dari Gita Bahana Nusantara menghiasi acara sesaat sebelum upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI selesai.

Pukul 10:59 WIB Presiden dan Wapres meninggalkan mimbar kemudian bersalaman dengan para tamu undangan yang hadir.

Ada yang unik dalam upacara kali ini, usai upacara, Presiden mengumumkan lima nama tamu yang hadir dengan busana nasional terbaik, dengan hadiah sepeda dari Presiden Jokowi.

Kelima pemenang busana nasional terbaik itu adalah; Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (baju adat Nias), Oesman Sapta Odang (baju adat Minang), Asisten Ajudan Presiden Syarif (baju Dayak Kalbar), Ibu Tri Karnavian (baju adat Papua) dan Ibu Agati Sulie Mahyudin (baju adat Dayak).

Sumber : setkab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here