TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Pasca Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun resmi mengukuhkan pengurus Perhimpunan Saudagar Rumpun Melayu periode 2017-2020 di Gedung Daerah Tanjungpinang, Minggu (24/9/2017) lalu.

Ing Iskandarsyah seorang legislator di DPRD Kepri yang turut hadir dalam pengukuhan tersebut berharap perlunya sinergitas antara perhimpunan saudagar rumpun melayu terhadap Pemerintah Provinsi Kepri.

“Pemerintah diharapkan memberikan perhatian, bimbingan dan akses perizinan dan permodalan terhadap Perhimpunan Saudagar Rumpun Melayu,” harap Iskandarsyah, Selasa (26/09/2017).

Dia menimpali, bahwasanya pemerintah daerah harus memiliki kebijakan yang mampu mendorong, memfasilitasi, sekaligus memproteksi para pengusaha yang berkembang. Tidak kalah penting pula berupa akses modal dan pasar bagi saudagar Melayu.

“Semuanya sudah dikembangkan dalam kebijakan berupa Lembaga Penjamin Dana Bergulir (LPDB) dan Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida). Sayangnya, dua fasilitas sarat manfaat ini berlum terlaksana walau sudah disahkan dua tahun lalu,” kata Iskandarsyah.

Perkumpulan saudagar Melayu, diyakini Iskandarsyah, juga bakal turut memperluas pasar. Apalagi perkumpulan ini mencakup seluruh Asia Tenggara. Kejayaan perdagangan zaman masa lalu, dinilainya, merupakan modal pengalaman yang amat berharga untuk mampu berkarya lebih jauh hari ini.

“Dulu, Singapura sama seperti Tanjungpinang dan Daik. Tapi dengan manajemen yang tepat, Singapura berkembang pesat. Dulu kita pernah punya semangat itu. Konon Sungai Carang adalah bandar yang sangat ramai. Semua kapal ingin berlabuh di sana,” ujar bakal calon Walikota Tanjungpinang ini.

Menurutnya, dengan terbentuknya Perhimpunan Saudagar Rumpun Melayu akan dapat memberikan peran bagi pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan.

“Semoga Saudagar Rumpun Melayu dapat berperan dalam pembangunan di Kepri dan bisa bersinergi dengan sahabat sahabat pelaku binis lainnya,” tutupnya.

Penulis: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here