TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Pesta Demokrasi Pemilihan Walikota (Pilwako) 2018 di Tanjungpinang diprediksikan bakal seru. Kedua petahana H. Lis Darmansyah (Walikota) dan H. Syahrul (Wakil Walikota) dipastikan bakal berpisah. Sebab, H. Syahrul telah menyatakan dirinya bakal maju sebagai calon Walikota Tanjungpinang.

Namun, pasangan calon untuk H. Syahrul maupun H. Lis Darmansyah hingga detik ini belum kunjung di deklarasikan. Teka-teki politik pun sudah semakin hangat di Kota Tanjungpinang. Disusul dengan kandidat lain yakni Ing Iskandarsyah (Wakil Ketua DPW PKS Kepri), Rona Andaka (Ketua DPC Hanura Tanjungpinang), Ade Angga (Ketua DPD Golkar Tanjungpinang) dan Maya Suryanti (Non Partai).

Jika ditelisik oleh pengamat Politik di Tanjungpinang, Endri Sanopaka, ke Enam kandidat tersebut Pasangan Ing Iskandarsyah dan Rona Andaka bisa menjadi alternatif pilihan setelah terjadinya polarisasi publik kepada pasangan Lis-Maya dan Syahrul-Angga.

Menurutnya, Hanura bisa memiliki ruang untuk mengusung Ketua DPC nya Rona Andaka sebagai Wakil Walikota mendampingi Ing Iskandarsyah yang memang melamar menjadi calon Walikota di Hanura beberapa waktu lalu.

Hanya, katanya, dengan catatan terjadi deklarasi Lis-Maya dan Juga Syahrul-Angga. Maka pilihan bagi Iskandarsyah dan Rona adalah berpasangan antara koalisi Setara (PKS-Gerindra) dan Hanura.

“Bisa jadi PKS dan Hanura saja tanpa Gerindra jika tetap ingin maju di Pilwako 2018 nanti,” ujarnya, Rabu (27/09/2017).

Kedua Kandidat ini, lanjut Endri, memiliki potensi dan kapasitas untuk ikut bertarung dalam pilwako nanti, mengingat mereka berdua sama-sama kader dari partai. Tentunya, mereka bisa dapat melenggang mendaftarkan diri ke KPUD dengan dukungan dari internal masing-masing.

“Peluang untuk memenangi pilwako saya rasa semua pasangan punya peluang yang sama, bergantung bagaimana pasangan tersebut dapat meyakinkan masyarakat Tanjungpinang, bahwa merekalah yang layak dan memahami bagaimana melayani masyarakat Tanjungpinang,” tungkas Endri yang juga merupakan Ketua Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (Stisipol) Tanjungpinang.

Penulis: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here