NATUNA, SIJORITODAY.com – – Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Badan Koordinasi Kemanan Laut (Bakorkamla) Natuna menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Forum Komunikasi serta sosialisasi terkait Keamanan dan Keselamatan Laut di Kabupaten Natuna. Rabu, (25/10) pagi.

Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Wansiswandi itu menghadirkan narasumber dari Kasubid Kerjasama dalam Negri Bakamla Provinsi Kepri yaitu Kolonel Kav. M. Irawadi. Selain itu, Bakamla juga menghadirkan 4 orang panitia di antaranya ialah Kabid Ops kantor Kamla Zona Maritim Barat Kolonel Laut (P) Eko Wahjono, Kasi kerjasama lembaga pemerintahan Akhamad Firdaus S. IP M.Si, Kasi Kerjasama non pemerintahan Ariana Listyawati S.Pd dan staf kasi kerjasama pemerintahan Ari Suprihatin SE. serta diikuti oleh beberapa FKPD/OPD dan peserta rapat lainnya.

Acara tersebut di gelar guna dapat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Natuna dan pihak terkait lainnya agar lebih mengoptimalisasi dalam pengawasan, kemanan, dan keselamatan laut Natuan khususnya.

Sekda Natuna sebelum memimpin jalannya rapat menyampaikan dalam pengawasan dan keselamatan laut, Bakamla tidak bisa bekerja dengan sendirinya. Perlunya kerjasama dengan pihak lainnya adalah bentuk kerja yang menjanjikan hasil yang maksimal.

“Untuk Keamannan laut, memang harus ada kehadiran Bakamla. Karna tidak bisa fokus ke TNI saja, dan yang lain juga perlu kehadirannya. Kami dari pemda sudah membantu,” ujar Sis.

Menurut Siswandi, beberapa persoalan seperti pelabuhan Kapal Pelni sepertu di Kecamatan Subi, Midai, dan Serasan sudah teratasi, meskipun masih ada beberapa pembangunannya masih dalam pengerjaan.

“Kami dari Pemda mengejar kesempatan. Kami juga mengupayakan ada beberapa persoalan yang kini sudah terurai membangun pelabuhan Srasan, Subi dan Pula Laut. Kalau di Midai itu di perkirakan tahun ini selesai,” tambah Sis.

Sementara itu terkait dengan pengamanan dan keselamatan laut, Kasubid Kerjasama dalam Negeri Bakamla Provinsi Kepri Kolonel Kav. M. Irawadi mengatakan, Indonesia Kabupaten Natuna khususnya adalah merupakan wilayah kemaritiman, maka dari itu Bakamla mempunyai tugas kewajiban untuk menjaga wilayah kemaritiman tersebut demi keutuhan NKRI.

“Bakamla mengedepankan sistem peringatan dini, patroli dan penegakan hukum untuk keselamatan laut,” ungkap Irwadi.

Irwadi menambahkan, perlunya kerjasama antara Bakamla dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna khususnya sangat penting dalam pengawasan dan keselamatan laut.

“Bantuan dan kerjasama pihak lain sangat d butuhkan , terutama dengan Pemerintah daerah sendiri”, pungkasnya.

Penulis: Afrizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here