TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang Robby Patria melakukan sosialisasi Pilkada serentak ketiga, di SMKN 3 Tanjungpinang, Sabtu (28/10). Di hadapan 900 lebih siswa SMKN 3, Robby mengajak mereka menggunakan hak suara pada Pilkada Tanjungpinang 27 Juni 2018 mendatang.

Hal itu disampaikan pada saat Ia diminta menjadi pendamping proses pemilihan Ketua OSIS SMKN 3 Kemarin yang dihadiri ratusan siswa SMKN 3.

Menurut Robby, proses pemilihan Ketua OSIS yang sedang dilakoni oleh siswa hampir mirip dengan proses pemilihan kepala daerah yang sebentar lagi dilakukan KPU Tanjungpinang.

Persamaannya ada calon, ada pemilih, ada logistik, ada pengawas pemilihan, ada tempat pemungutan suara dan lain sebagainya.

Yang membedakan, jumlah pemilih Walikota warga Tanjungpinang yang sudah berumur 17, tahun.Sedangkan pemilih Ketua OSIS adalah mereka yang menjadi siswa SMKN3.

“Dengan mempelajari proses pemilihan yang demokratis, maka nilai nilai demokrasi sudah tertanam di dalam sanubari pelajar bahwa demokrasi adalah Sistem terbaik untuk melakukan proses pemilihan kepala daerah termasuk pemilihan OSIS,” ujarnya.

Robby mengajak siswa yang berusia 17 tahun untuk merekamkan diri ke Disdukcapil Tanjungpinang agar mereka bisa dimasukkan ke dalam daftar pemilih nantinya.Karena satu suara menurut dia, sangat berharga.

“Layaknya pesta, maka Pilkada Tanjungpinang ke depan juga harus bahagia.Tidak ada hantu hantu fitnah, ujaran kebencian terjadi di tengah masyarakat yang bisa memicu perpecahan sosial,” tuturnya.

Setelah memberikan arahan, Robby memberikan contoh bagaimana menata tempat pemungutan suara layaknya TPS pada Pilkada dan Pemilu. Dengan menggunakan mikropon, panitia pemilihan OSIS memanggil seluruh warga dan mereka memasuki areal TPS dengan kegembiraan.

Rudy Harnata, guru SMK 3 mengucapkan Terimakasih kepada KPU yang sudah meminjamkan kotak suara dan bilik suara agar proses pemilihan berjalan dengan baik.

“Terutama kepada Ketua KPU Tanjungpinang yang turun langsung memantau proses pemilihan,” kata Rudy. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here