TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Menjelang pilkada Kota Tanjungpinang 2018 mendatang Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) gelar Forum Diskusi dan Sosialisasi kepada sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Hotel CK Tanjungpinang, Jalan Raja Haji Fisabilillah Kilometer 8 atas, Selasa (31/10/2017).

Komisioner KASN DR. Ir. Nuraida mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan mengingatkan atau upaya meminimalisir agar tidak terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh ASN dalam pelaksanaan Pilkada 2018 mendatang di Tanjungpinang.

“Seperti yang sebelumnya pernah terjadi di daerah lain, pernah ada Sekda ngumpulin ASN dalam satu ruangan dan mengarahkan ASN untuk tujuan tertentu, hal ini tertangkap kamera, maka dari itu kita berikan pemahaman kepada OPD,” ungkapnya.

Aturan yang mengatur ASN dalam tata pelaksanaan pilkada dapat dirujuk pada UU 5 tahun 2014 tentang ASN yang tujuannya meningkatkan independensi dan Netralisasi serta surat edaran Menteri PAN-RB nomor: B/2355/M./PANRB/07/2015, perihal Netralisasi ASN dan larangan penggunaan Aset pemerintah dalam pemilihan kepala daerah serentak.

Lebih lanjut Nuarida menjelaskan, jika terjadi pelanggaran oleh ASN maka akan ditindak tegas oleh pihak auditor berdasarkan pelanggaran terjadi. Bahkan, jika pelanggaran terberat yang dilakukan ASN dapat berujung pada penurunan jabatan hingga pencopotan jabatan.

“Untuk pengawasan saat ini KASN telah bekerjasama dengan Bawaslu dan melakukan sinkonisasi ke berbagai elemen,” tuturnya.

Disamping itu, H. Lis Darmansyah selaku Walikota Tanjungpinang juga menghimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk dapat netral dalam koridor hukum hingga pilkada selesai, sehingga tidak ada lagi ditemui adanya pelanggaran terjadi.

“Saya menghimbau kepada ASN agar dapat netral sesuai dengan koridor hukum sampai pilkada 2018 selesai di Tanjungpinang,” imbaunya.

Penulis : Beto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here