Pembangunan Hotel di Cabana Resort menggunakan Cren terlihat dari jauh, foto: Akok

BINTAN, SIJORITODAY.com – – Terdapat 51 pekerja di PT Chinese Comunication Contruksi Engineering Industri (CCCEI) di Cabana Resort, Kilometer 46, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan bekerja membangun hotel berbintang di lokasi tersebut.

PT CCCEI, PT yang berasal dari Jakarta, dalam pembangunannya PT ini pun menunjuk subcon PT Tata Indo Mega untuk jasa kontruksi. Kemudian dalam pelaksanaannya, PT Tata Indo Mega telah mendaftarkan proyek tersebut sebesar 2 Miliar ke BPJS Ketenagakerjaan untuk perlindungan Program Jaminan Kecelakaan dan Kematian kepada semua tenaga kerja yang bekerja pada proyek tersebut sampai dengan masa berlaku perlindungan pada Tanggal 06 November 2017.

Namun, untuk tenaga kerja PT Tata Indo Mega sendiri mendaftar ke BPJS Ketenagakerjaan awalnya 4 orang, kemudian menjadi 3 orang untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan hari tua.

“Permasalahan tinggal 1 saja dalam proyek ini yaitu mereka belum memperpanjang proyek dalam program BPJS ketenagakerjaan yang habis Tanggal 06 November tadi,” kata Petugas Pemeriksaan BPJS Ketenagakerjaan  cabang Tanjungpinang, Niko Alfiansa kepada Sijoritoday.com, Rabu (22/11/2017).

Berdasarkan pantauan, terdapat puluhan perkerja dari WNI dan WNA (30 orang) di Cabana Resort masih bekerja untuk membangun hotel berbintang dengan menggunakan alat Cren yang diduga dioperatorkan oleh Warga Negara Asing.

Sementara itu, Translater Cabana Resort, Hariyanto mengatakan, bahwa seluruh pekerja untuk pembangunan Hotel di Cabana Resort telah didaftar PT Tata ke BPJS Ketenagakerjaan.

“Iya bang, seluruh pekerja sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan didaftar oleh PT. Tata,” ungkapnya. Bahkan 30 Orang warga negara asing yang bekerja, kata Yanto, juga telah didaftar BPJS Ketenagakerjaan.

Baleho BPJS Ketenagakerjaan cabang Tanjungpinang yang tertera di Tembok Cabana Resort Kabupaten Bintan. Foto; Akok

Baleho BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjungpinang dilokasi tersebut tertera yang menyebut tenaga kerja proyek ini dilindungi Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK) oleh BPJS Ketenagakerjaan ternyata telah habis waktunya.

Cabana Resort rencananya akan dibangun Hotel berbintang, untuk saat ini puluhan pekerja dari WNA maupun WNI dipekerjakan untuk membangun hotel tersebut yang kemungkinan akan selesai pada tahun 2018 mendatang.

Penulis: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here