TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Kampung Sei Ladi dilahap sijago merah, diperkirakan seluas 20 Hektar (Ha) Lahan hutan muda habis terbakar, sekira pukul 14.00 Wib, Senin (6/2/2018).

Menurut salah seorang saksi mata, Padan (43 thn) warga setempat mengatakan, bahwa kebakaran itu mulai terlihat sekira pukul 14.00 WIB.

Angin yang berhembus kencang membuat api semakin cepat menyebar dan menghanguskan semak belukar dan pohon-pohon muda di lahan tersebut.

“Ketika saya keluar rumah hendak menjemput anak sekolah, Tau-tau sudah ada kebakaran itu. Saya langsung lapor ke pak polisi yang kebetulan ada di RT kami ini. Pak polisi pun langsung lapor ke Damkar. Tak lama kemudian datang lah mobil pemadam itu,” katanya.

Sementara itu, Inspektur Pencegahan Kebakaran Kota Tanjungpinang, Suhardi yang memimpin proses pemadaman ini mengatakan, bahwa lahan yang terbakar cukup luas.

“Setelah kita telusuri dan api nya kita padamkan, luas lahan yang terbakar mencapai dua puluhan hektar. Sebelumnya kita mendapat laporan dari staf kecamatan pada sekira pukul 15.00 WIB. Kita langsung bergerak ke lokasi. Kita petakan luas lahan yang terbakar dan kita padamkan apinya,” ujarnya.

Dalam pantauan awak media ini, pihak Damkar menggerakkan dua unit mobil pemadam dan di back up oleh 2 unit mobil tanki milik BNPB. Sementara personil yang diterjunkan sekitar dua puluh orang.

Lokasi kebakaran lahan ini sangat dekat dengan pemukiman penduduk. Beruntung, pihak Damkar dapat dengan segera memadamkan kebakaran ini dan mencegah api merambah ke rumah-rumah penduduk.

Acungan jempol patut diberikan kepada personil Damkar dan BNPB yang dapat menangani kebakaran lahan ini dengan profesional.

Sampai berita ini dilansir, belum diketahui penyebab pasti kebakaran lahan ini.

Penulis: Beto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here